Tips Perawatan Bayi yang Sedang Demam

No comment 1054 views

tips perawatan bayi

Bayi sering terserang demam? Ini merupakan hal yang normal saat mereka masih bayi dan tidak selalu berarti penyakit serius selama sang ibu melakukan perawatan bayi yang tepat. Dalam banyak kasus, demam yang terjadi pada bayi turun dengan sendirinya. Demam sendiri adalah reaksi dari sistem pertahanan tubuh dengan membunuh infeksi-infeksi yang terjadi melalui peningkatan suhu tubuh. Demam bisa saja disebabkan oleh bakteri atau virus.

Solusinya adalah dengan mempelajari bagaimana perawatan bayi yang tepat agar si kecil bisa segera sembuh. Ini dia beberapa tips perawatan bayi 6 bulan yang sedang demam ringan seperti yang dilansir oleh Renee Ali dalam Web MD:

1. Perawatan pertama

Saat si kecil terlihat tidak nyaman karena suhu badannya yang meningkat, Anda bisa memulai perawatan bayi ini. Perawatan ini memang tidak akan membuat demamnya hilang, namun bisa membuat si kecil merasa lebih baik. Berikan ibuprofen untuk bayi di bawah enam bulan atau acetaminophen untuk bayi di atas dua tahun. Anda bisa bertanya pada dokter anak seberapa besar dosis yang harus diberikan pada si kecil.

2. Air hangat

Perawatan bayi berikutnya adalah dengan memandikan si kecil dalam air hangat selama 15 menit yang akan membantu menurunkan suhu badannya. Yang perlu Anda perhatikan adalah suhu air, jangan membuatnya terlalu panas atau terlalu dingin. Anda bisa mengeceknya dulu sebelum memandikan si kecil dengan air hangat. Segera keringkan badan bayi setelah mandi air hangat.

3. Memakai pakaian tipis

Selama ini, beberapa mitos yang beredar mengatakan bahwa perawatan yang paling tepat bagi penderita demam adalah dengan menyelimutinya dengan selimut tebal agar panas segera hilang. Sebaliknya, gunakan pakaian yang tipis untuk bayi Anda agar ia merasa nyaman.

4. Memberikan ASI

Perawatan bayi berikutnya adalah dengan lebih sering memberikan ASI. Menyusui si kecil atau memberikannya susu formula akan menghindarkannya dari dehidrasi. Selain itu, Anda juga akan memberikan ketenangan pada sang buah hati dengan merangkulnya saat dia sakit.

5. Cek suhu badan

Selanjutnya, saat si kecil terserang demam Anda harus lebih rajin mengecek suhu badannya. Demam yang terlalu tinggi atau terlalu lama akan berakibat fatal pada si kecil. Gunakan termometer digital untuk mengukur suhu badan bayi Anda.

6. Memanggil dokter

Anda harus segera memanggil dokter bila suhu badan si kecil mencapai 37.9 celsius setelah semua perawatan bayi yang Anda berikan. Anda juga harus memanggil dokter jika demam si kecil tidak kunjung  mereda dalam 24 jam. Anda harus segera membawanya ke dokter jika si kecil menunjukkan gejala-gejala di bawah ini:

a. leher kaku

b. radang tenggorokan berat

c. diare atau muntah yang terus-menerus

d. ruam

Dengan melakukan perawatan bayi yang tepat, Anda bisa mencegah keadaan si kecil semakin memburuk. Tips perawatan bayi yang sederhana ini bisa Anda terapkan di rumah saat si kecil mendadak terserang demam ringan. Ingat, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter anak jika keadaannya memburuk.

author
No Response

Leave a reply "Tips Perawatan Bayi yang Sedang Demam"