Tips Pola Makan Jitu Usir Sakit Perut pada Anak

Tips Pola Makan Jitu Usir Sakit Perut pada Anak

Sakit perut pada anak – Kebanyakan anak – anak yang mengalami sakit perut atau kembung disebabkan oleh pemberian makanan yang kurang tepat, seperti pemberian makanan yang memproduksi gas akan memicu sakit perut pada anak. Untuk mengatasi sakit perut atau kembung yang terjadi pada si kecil, bunda dapat merubah pola makannya. Namun jika anak Anda mengalami sakit perut yang tidak kunjung hilang dalam waktu lebih dari satu hari segeralah bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Tapi ketika si kecil baru saja mengeluhkan rasa sakit di perutnya, bunda harus mengingat kembali apa saja yang dikonsumsi anak dalam 24 jam terakhir. Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu sakit perut pada anak, seperti makananan yang terlalu asam atau pedas. Bunda dapat meredakan perut mulas pada si kecil dengan mengubah pola makanan yang salah berikut.

Tips mengatasi perut mulas pada anak

1. Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dapat memicu terjadinya sembelit pada anak. Sembelit dapat menyebabkan anak sakit perut, perut akan sehat jika kita banyak mengonsumsi serat, begitu juga pada anak. Pastikan anak mendapatkan makanan serat dengan porsi yang ideal yaitu untuk usia anak 1 hingga 3 tahun memerlukan serat sebanyak 14 gram per hari, jika kebanyakan juga tidak baik karena dapat membuat perut si kecil menjadi kembung. Bunda dapat memperoleh serat dari sayuran, kacang – kacangan, biji – bijian, dan buah – buahan.

2. Dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dapat mengatasi keluhan sakit perut pada si kecil karena makanan yang mengandung gula biasanya susah untuk dicerna. Jika si kecil mengkonsumsi makanan yang mengadung gula berlebih akan memicu produksi gas berlebih dalam perut sehingga dapat membuat perut anak menjadi kembung atau sakit, bahkan dapat menyebabkan gangguan pencernaan lainnya.

3. Yogurt mengandung probiotik yang dapat membantu mengoptimalkan pencernaan anak dengan menekan pertumbuhan bakteri jahat pada pencernaan anak dan mampu meredakan gangguan pencernaan ringan. Agar anak mau mengkonsumsinya, Anda dapat mengkreasikan penyuguhan yogurt dengan menambahkan potongan buah segar kesukaan anak atau dalam bentuk smoothie.

4. Bunda harus mengerti karakter dari pencernaan anak, karena setiap anak mempunyai karakter pencernaan yang berbeda – beda. Beberapa anak tidak tahan terhadap beberapa jenis makanan tertentu yang dapat membuatnya sakit perut ketika mengkonsumsinya. Ada anak yang tidak mempunyai enzim pencerna susu sehingga saat mereka mengkonsumsi susu, perut menjadi mulas dan terserang diare. Jika anak tidak tahan dengan makanan – makanan tertentu jangan sampai dia mengkonsumsinya.

4 hal di atas harus lebih diperhatikan oleh bunda ketika sakit perut pada anak. Usahakan jangan memberi obat – obatan pereda sakit perut sebelum Anda mendapatkan resep dari dokter. Baca juga : Ayo Ketahui Jenis Obat Yang Harus Dihindari Bayi

author
No Response

Leave a reply "Tips Pola Makan Jitu Usir Sakit Perut pada Anak"