Tips Sang Ibu Mengatasi Masalah Nafsu Makan Anak

Tips Sang Ibu Mengatasi Masalah Nafsu Makan AnakAnak yang susah makan merupakan permasalahan yang sering kali dikeluhkan oleh orang tua, terutama bagi para ibu. Bahkan tidak jarang para ibu menjadi tertekan ketika mengetahui buah hatinya susah makan. Faktor fisik atau faktor psikis sering menjadi penyebab dari anak tidak nafsu makan.
Terdapat gangguan pencernaan ataupun terdapat infeksi pada pencernaan mungkin penyebab dari faktor fisik, sedangkan faktor psikologis pada anak merupakan faktor dari psikis, seperti orang tua memaksa memberikan sayuran kepada anak yang tidak begitu menyukai sayuran.

Berikut ada tips untuk menambah nafsu makan anak yang bisa dipraktekan cukup mudah jika sang ibu mengalami kondisi seperti itu.

1. Berikan makan saat bermain
Biasanya cara ini dilakuan saat anak masih kecil sampai batita. Orang tua bisa mengamati dan menganalisis bagaimana pola bermain anak dari perbuatan perbuatan yang diperlihatkan.

2. Makanan dalam porsi kecil
Jika anak sanggup menghabiskan makanannya berikan pujian kepada anak, dan secara bertahap berikan makanan lagi kalau memang anak masih merasa lapar.

3. Berikan air putih atau susu setelah makan
Anda bisa memberi susu atau air putih setekah jam makan, kalau anda memeri susu atau air putih sebelum makan, takutnya anak akan merasa kenyang jadi tidak nafsu makan.

4. Menu yang bervariasi
Menu yang disajikan harus bervariasi dengan bermacam jenis makanan yang berbeda setiap harinya supaya anak tidak bosan dan lebih sehat. Tubuh manusia membutuhkan berbagai macam vitamin dan mineral setiap harinya.

5. Jangan sering beri camilan
etika anak mulai dibiasakan jajan, nafsu makannya terhadap makanan pokok akan menurun. Terlebih bila ibu membiasakan jajan setiap hari. Sajian cemilan beraneka warna, bentuk dan mengandung penyedap rasa akan menimbulkan kecanduan bagi anak yang menyantapnya daripada nasi beserta lauk pauk yang sehat.

6. Beri ramuan tradisional
Mengkonsumsi ramuan tradisional seperti temulawak. Ramuan lain yaitu mengonsi daun alfalfa. Daun ini digunakan orang China untuk mengatasi gangguan pencernaan dan selera makan buruk.

7. Menambah nafsu makan anak dengan daun pepaya
Caranya : Ambil satu genggam daun pepaya yang masih segar lalu cuci sampai bersih, parut atau tumbuk daun pepaya dan tambahkan dengan sedikit air. Saring airnya dan tambahkan dengan satu sendok makan madu. Minum ramuan daun pepaya sehari dua kali dengan dosis setengah gelas.

8. Berilah suplemen atau vitamin penambah nafsu makan
Jika nafsu makan anak anda susah anda dapat memberikan vitamin atau suplemen untuk anak

Baca Juga Manfaat ASI Untuk Bayi Dan Ibu Yang Baru Melahirkan

author
No Response

Leave a reply "Tips Sang Ibu Mengatasi Masalah Nafsu Makan Anak"