Tips Sehat Agar Anak Suka Makan Sayur

No comment 1442 views

Tips SehatTips Sehat – Banyak orang tua yang mengeluh dan membutuhkan Tips Sehat agar anak suka makan sayur. Dan berikut ini adalah Cara yang paling efektif agar anak menyukai sayur adalah dengan meperkenalkannya sejak mereka masih bayi sehingga si kecil akan meningat rasa sayur ini terus. Tepatnya saat bayi sudah boleh mengkonsumsi makanan semui padat sekitar usia 6 bulan.

  1. Pilih sayur yang berserat rendah seperti wortel, tomat, labu kuning, kangkung atau bayam. caranya dengan mencampur sayuran tersebut dalam nasi tim saring.
  2. Yang harus diperhatikan saat mengolah sayur harus hati-hati agar vitaminnya tetap terjaga. Seperti saat mencuci sayur sebaiknya di bawah air mengalir untuk menghilangkan racun dan mencucinya pun sebelum dipotong-potong agar kandungan vitaminnya tidak akan terbuang atau larut dalam air.
  3. Kemudian cara memasaknya pun jangan direbus terlalu lama, bila ingin merebus sebaiknya biarkan air mendidih terlebih dahulu baru sayuran dimasukkan. Jangan terlalu lama dan airnya pun jangan terlalu banyak.
  4. Karena sifat vitamin yang tak larut dalam lemak seperti vitamin C yang banyak dikandung dalam sayuran mudah sekali rusak dalam pemanasan atau akan rusak kalau kena penguapan dan panas tinggi.
  5. Cari tahu apa makanan favorit anak Anda dan gantilah beberapa bahan dengan sayuran saat memasak. Anda dapat tambahkan sayuran saat menyiapkan makanan favorit anak Anda seperti smoothie, kue, pizza, lasagna, spaghetti dan bahkan es krim. Dengan begitu anak susah makan sayuran tersebut mulai suka menyantap sayuran dengan makanan favoritnya.
  6. Ajak mereka berbelanja. Jelajahi setiap lorong sayuran yang ada di supermarket sehingga anak Anda bisa melihat beragam buah dan sayur. Dan pada setiap kunjungan, biarkan dia memilih jenis sayuran baru yang akan disantap bersama pada minggu tersebut. Anak-anak akan senang melihat sayuran pilihan mereka menjadi bagian dari menu makan.
  7. Beri Contoh Yang Baik. Dengan memberi contoh yang baik dengan dengan menunjukkan pada anak Anda bahwa Anda juga menikmati makan sayuran. Jika mereka melihat Anda melakukan hal tersebut setiap waktu makan, anak sulit makan sayur tersebut akan penasaran dengan apa yang Anda makan dan akhirnya mereka akan makan sayuran yang Anda sajikan.
  8. Selain itu, ada tips mudah lainnya agar anak bisa makan sayur dengan baik, dengan Selipkan sayuran ke dalam makanan. Sayuran seperti wortel dan bayam dapat dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam nasi atau omelet. Potongan tomat dan wortel juga bisa disembunyikan dalam saus pasta spaghetti kesukaannya.
  9. Selain itu, Anda juga dapat membuat bakso, lumpia, atau risoles yang diselipkan wortel dan kacang polong. Dengan cara seperti itu, buah hati Anda tidak akan sadar bahwa mereka telah mengkonsumsi sayuran. Apabila si kecil senang dengan makanan yang berkuah, buatlah sup sayuran seperti sayur bening, sup isi wortel dan buncis, atau sup kacang merah. Berikan apa yang mereka suka, dan tambahkan apa yang menurut Anda baik baginya.

Semoga informasi di atas dapat memenuhi segala kebutuhan gizi anak dengan mengkonsumsi sayuran.

author
No Response

Leave a reply "Tips Sehat Agar Anak Suka Makan Sayur"