Tips Untuk Merawat Atau Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Anak dan ibu sikat gigiKesehatan Gigi – Senyum bayi sangat menggoda, apalagi jika bayi sudah mulai tumbuh gigi. Senyum ceria yang dipancarkan bayi anda akan menambah kebahagian anda sebagai orang tua. Sebaiknya anda melakukan perawatan untuk menjaga kesehatan gigi anda.

Perawatan gigi pada bayi dapat dimulai pada saat pertama kali tumbuh gigi susu, yaitu pada usia bayi memasuki bulan keenam, perawatan yang dilakukan dapat melalui dua cara yaitu perawatan gusi dan perawatan gigi bayi. Salah satu yang sering kali dilupakan adalah merawat gusi pada bayi.

Gusi merupakan bagian mukosa mulut yang terdiri dari jaringan ikat, sebagai tempat akar gigi menempel. Gusi yang sehat dapat mendukung kesehatan anak anda, tanda tanda gusi yang sehat diantaranya berwarna merah muda, permukaan gusi tidak rata melainkan terdapat bintik bintik, bagian tepi gusi tidak mengalami pembengkakan, dan juga gusi tidak mudah berdarah.

Untuk para orang tua yang mungkin ingin menjaga kesehatan gigi anak agar anak bisa berkembang dengan baik, mungkin berberapa tips tentang menjaga kesehatan gigi anak di bawah ini bisa digunakan para orang tua agar anak bisa selalu sehat.

  • Kunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan rutin. Sebaiknya periksakan sebelum gigi pertamanya tumbuh atau selambat-lambatnya pada ulang tahun pertamanya.
  • Periksakan gigi buah hati ke dokter gigi secara teratur, jangan hanya saat merasa sakit. Jika Anda hanya mengajaknya saat sakit gigi, ia bisa trauma ke dokter gigi hingga dewasa.
  • Saat masih bayi bersihkan gusinya dengan kain lembut atau kain kassa setelah menyusui.
  • Jangan biarkan bayi menyusu, terutama dari botol, terlalu lama karena tidak baik untuk pertumbuhan giginya. Hindari membiarkan botol atau dot menempel pada mulutnya selama tidur.
  • Latih anak mulai minum dari gelas saat usia satu tahun.
  • Ajari sikat gigi secara teratur bukan hanya sebelum tidur, tetapi juga setelah makan. Bentuklah kebiasaan ini, karena sangat berpengaruh pada kebiasaannya saat dewasa kelak.
  • Saat gigi susu pertamanya sudah mulai goyang, jangan langsung mencabutnya dengan tangan. Periksakan ke dokter jika gigi yang goyang terasa sakit.
No Response

Leave a reply "Tips Untuk Merawat Atau Menjaga Kesehatan Gigi Anak"