Trik Menjaga Kesehatan Kulit Anak yang Sensitif

Trik Menjaga Kesehatan Kulit Anak yang SensitifKesehatan Anak – Bunda tentunya selalu ingin menjaga kesehatan anak dengan memberikan yang terbaik, termasuk untuk kulit si Kecil. Menjaga kesehatan anak terutama bagian kulit sering dianggap menjadi hal yang tidak terlalu merepotkan karena Bunda hanya perlu memilih beragam jenis perawatan kulit yang baik untuk si Kecil, tetapi lain ceritanya jika si Kecil memiliki masalah kulit sensitif yang membuatnya sering terkena masalah jika terkena zat-zat tertentu.

Berikut adalah beberapa untuk menjaga kesehatan anak, terutama bagi si Kecil yang memiliki kulit sensitif :

  • Gantilah jenis detergen yang dipakai

Detergen bisa menjadi salah satu pemicu masalah kesehatan yang memberikan pengaruh buruk untuk kulit si Kecil yang sensitif terhadap bahan kimia. Pilihlah detergen yang tidak mengandung pengharum, pewarna, dan pemutih.

  • Cucilah pakaian atau selimut baru

Sebelum digunakan oleh si Kecil, cucilah dulu semua jenis kain berupa pakaian atau selimut yang baru dibeli karena produk tekstil yang masih baru mengandung zat kimia yang dapat membuat kulit sensitif mulai bereaksi.

  • Pilihlah perlengkapan mandi yang tepat

Sabun dan shampo paling cocok untuk si Kecil yang memiliki kulit sensitif adalah produk yang tidak dilengkapi dengan zat pewangi atau pewarna. Pilihlah produk yang dirancang untuk

  • Lakukanlah tes sensitivitas kulit

Untuk melakukan tes sensitivitas kulit terhadap produk baru, cobalah oleskan produk pada tangan si Kecil atau area kecil lainnya dan lihatlah reaksi selanjutnya.

  • Jaga kelembaban kulitnya

Carilah produk pelembab yang tidak membuat kulitnya memberikan reaksi negatif. Setelah itu, manfaatkanlah produk tersebut untuk memberikan kelemban maksimal untuk melindungi kulit buah hati.

  • Aturlah suhu untuk air mandi si Kecil

Pastikan agar si Kecil tidak mandi dengan menggunakan air yang memiliki suhu terlalu tinggi. Pada kulit sensitif, air yang terlalu panas justru akan membuat permukaan kulit semakin kering dan membuat lebih rentan terhadap iritasi.

  • Keringkan badan setelah mandi

Ketika selesai memandikan bayi, segeralah untuk mengeringkan badannya. Mengeringkan badan bayi sangatlah berhati-hati. Jangan sampai ada yang terlewatkan, keringkan bagian telinga, hidung, kepala, hingga lipatan-lipatan pada badan, leher, kaki, tangan bayi. Keringkanlah menggunakan handuk yang berbahan dasar halus, jika digunakan pada bayi tidak menyebabkan kulit bayi tergores ataupun merasakan sakit.

  • Baby oil

Campurkan baby oil pada air mandi bayi, cara ini bertujuan untuk tetap menjaga kelembutan kulit bayi. Anda bisa mencampurkannya pada air hangat yang telah Anda siapkan diawal.

  • Berikan pelembab khusus

Berikan pelembab khusus pada bayi Anda, misal pelembab untuk kulit bayi sensitive, tujuannya untuk menjaga kelembapan kulit serta menutrisi kulit bayi, dan membuat kulit bayi tidak kering. Aplikasikanlah pelembab saat bayi baru selesai mandi, tentunya dengan kondisi badan yang telah dikeringkan terlebih dahulu

  • Lindungi kulitnya dengan tabir surya

Sinar matahari bisa menjadi salah satu pemicu yang membuat kulit sensitif si Kecil mengalami reaksi yang negatif. Oleh karena itu, lindungilah kulit buah hati dengan menggunakan tabir surya ketika ia melakukan aktivitas di luar.

  • Batasi paparan bahan kimia pada kulitnya

Bahan kimia yang biasa disemprot berupa pengharum ruangan atau parfum juga bisa menjadi pemicu terjadinya reaksi yang berlebihan pada kulit si Kecil. Batasilah penggunaan beragam jenis produk berbahan kimia yang biasanya digunakan untuk keperluan rumah tangga.

  • Kenalilah pemicu reaksi kulitnya

Dengan mengetahui beragam jenis pemicu yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit buah hati, Bunda bisa melindungi kulit si Kecil secara lebih maksimal.

Selain menerapkan beragam langkah di atas, Bunda juga perlu menjaga kesehatan anak dengan melakukan konsultasi pada dokter atau para ahli. Jangan ragu untuk memberikan semua yang terbaik untuk si Kecil demi menjaga kulitnya yang sensitif, karena kesehatan anak adalah harta yang paling berharga.

author
No Response

Leave a reply "Trik Menjaga Kesehatan Kulit Anak yang Sensitif"