Wajib Tahu, Ini 7 Cara Mengatasi Kembung Pada Bayi!

Perut bayi seringkali mengalami kembung, itu adalah hal yang wajar terjadi pada balita usia 3 samapai 4 bulan.  Hal ini dikarenakan pencernaan bayi belum berfungsi secara sempurna, seiring bertambahnya usia bayi kejadian ini akan semakin berkurang. Untuk itu ini ada tips untuk moms Mengatasi Kembung Pada Bayi.

 

  • Memiijat Perut Bayi

Kegiatan ini bisa menjadi salah satu cara moms dalam mengatasi perut kembung pada si bayi. Caranya yaitu, pastikan bayi dalam posisi tidur lalu pijat dengan perlahan perut bayi memutar searah jarum jam. Selain itu moms juga bisa mengusap-usap punggung bayi.

 

  • Memandikan Bayi dengan Air Hangat

Air hangat sangat membantu menghangatkan tubuh bayi dan membuat bayi nyaman. Hal ini harus moms perhatikan ketika memnadikan si bayi untuk menghindari terjadi perut kembung pada bayi.

 

  • Pilih Jenis Botol Susu yang Tepat

Bagi moms yang memberikan susu formula pada si bayi memilih botol susu yang tepat harus di perhatikan. Karena, ukuran puting pada botol susu harus pas pada mulut si abyi agar tidak menyebabkan kembung.

 

  • Jangan Memberikan Empeng untuk Bayi

Mungkin kegiatan ini sering di lkaukan oleh kebanyakan moms untuk menghindari bayi yang rewel karena terus miminta susu. Namun, kegiatan ini membuat bayi menghisap empeng dan mengunya empeng yang mengakibatkan gas berlebih pada perut si bayi dan mengakibatkan kembung.

 

  • Jangan Tidurkan Bayi Setelah Minum Susu

Setelah meminum susu sebaiknya bayi digenong dalam keadaan terlentang dan posisi tubuh bayi dalam keadaan tegak. Hal ini akan membantu susu yang telah diminum perlahan dan lancar masuk ke dalam perut sehingga tidak menimbulkan masalah pada perut bayi.

 

  • Olesi Dengan Minyak Telon

Untuk menghindari perut bayi kembung olesi minyak telon pada saat setelah bayi mandi. Tujuannya agar mencegah masuk angin yang mengakibatkan perut bayi kembung.

 

  • Biarkan Bayi Bergerak Aktif

Dengan tidak terus menggendong bayi sebaiknya moms meletakkan bayi di tempat tidur agar bayi bergerak dengan aktif sehingga bayi tidak mengalami kembung. Cara ini juga sangat baik untuk membuat perut bayi lebih nyaman dan juga membantu perkembangan fisik bayi sesuai usia.

 

Dari tips Mengatasi Kembung Pada Bayi  di atas mana yang akan moms terapkan? Oh ya moms, jika ada gejala kembung yang tidak bisasa pada bayi segera konsultasikan kepada Dokter ya.

 

author
No Response

Leave a reply "Wajib Tahu, Ini 7 Cara Mengatasi Kembung Pada Bayi!"