Wajib Tahu, Ini Manfaat Sendawa Bagi Bayi

No comment 427 views

Manfaat Sendawa Bagi Bayi

Bersendawa adalah peristiwa umum yang terjadi setelah Anda makan. Keluarnya angin dari tenggorokan ini merupakan cara alami dari tubuh untuk melepaskan kelebihan angin yang dihasilkan dari proses mencerna makanan. Keluarnya sendawa juga terkadang disertai dengan suara yang menggelegar dan membuat malu, walaupun ada beberapa yang bersendawa dengan suara kecil. Tidak banyak orangtua yang mengetahui hal ini, tapi bayi pun sebenarnya dapat bersendawa, walaupun ia masih belum dapat bersendawa sendiri. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua perlu membantu bayi untuk bersendawa, karena ternyata cukup banyak manfaat sendawa bagi bayi.

Manfaat sendawa bagi bayi yang pertama adalah untuk mencegah gumoh. Gumoh atau ASI yang telah ditelan naik kembali ke mulut bayi disebabkan oleh udara yang tertahan di dalam perut sehingga menyebabkan air susu tidak dapat masuk ke saluran pencernaan bayi. Kantong udara tersebut pada umumnya timbul saat bayi menyusu.

Dan cara yang termudah adalah dengan membuat bayi bersendawa setelah ia selesai menyusu. Dengan demikian, kantong udara tersebut pun akan keluar dari mulut dan ASI pun akan dapat mengalir masuk menempati rongga perut bayi dan dicerna oleh tubuhnya.

Selain itu, membantu sendawa pada bayi juga dapat mencegah perut kembung pada bayi. Sama seperti orang dewasa, ketika perut Anda diisi oleh gas berlebih, maka perut Anda akan terasa begah dan tidak nyaman. Kondisi yang tidak mengenakkan tersebut secara otomatis akan membuat bayi menjadi rewel dan menangis secara terus-menerus. Kasian kan, Moms?

Maka dari itu, jika setelah sesi menyusui selesai dan bayi Anda mendadak menangis terus-menerus dan perutnya terasa kembung, segera bantu ia untuk bersendawa untuk melepaskan gas-gas yang tertahan di dalam perutnya untuk meredakan perut kembung yang ia derita.

Untuk membantu bayi Anda bersendawa, Anda pertama-tama harus memposisikan bayi dalam posisi yang nyaman. Anda dapat menempelkan bayi pada dada Anda dengan posisi dagu bayi berada di atas pundak Anda. Usap atau tepuk lembut punggungnya hingga Anda mendengar bayi Anda bersendawa. Lakukan ini setiap kali ia selesai menyusui ya, Moms.

Anda juga dapat mendudukkan bayi di pangkuan Anda dengan menyangga bagian tengkuk dan bokongnya. Setelah itu, seperti cara yang pertama, tepuk punggung bayi secara perlahan hingga bayi bersendawa.

Demikianlah beberapa manfaat sendawa bagi bayi. Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Wajib Tahu, Ini Manfaat Sendawa Bagi Bayi"