Waspada 4 Macam Penyakit Menular yang Menyerang Anak!

Waspada 4 Macam Penyakit Menular yang Menyerang Anak!

Penyakit menular anak – Dunia anak memanglah dunia yang sangat menyenangkan dan salah satu hal yang disukai anak – anak yaitu bermain. Biasanya anak lebih senang jika bermain dengan teman – temannya daripada bermain dirumah sendiri. Hal ini yang kadang membuat ibu cemas karena anak rentan terhadap penyakit sehingga bisa tertular oleh teman – temannya.

Lingkungan bermain anak yang beragam juga beresiko besar anak akan tertular penyakit. Penyakit menular biasanya sulit dihindari oleh anak, untuk itu bunda harus waspada dan melakukan pencegahan terhadap penyakit – penyakit menular yang menyerang anak. Berikut beberapa penyakit menular anak yang perlu Anda ketahui.

Waspada penyakit menular pada anak

1. Cacar air
Penyakit menular yang sering menyerang anak yaitu cacar air. Kondisi ini berupa bintik – bintik merah yang berisi air dan gatal dan bisa muncul diseluruh tubuh. Anak yang terserang penyakit ini akan mengalami demam akibat terjangkit virus yang dapat ditularkan melalui udara, sentuhan, maupun pakaian yang digunakan. Cacar air biasanya terjadi selama satu hingga dua minggu. Rasa gatal biasanya membuat anak ingin menggaruknya, dan jika tergaruk akan meninggalkan bekas.

2. Cacingan
Karena asyik bermain anak akan lupa dengan kebersihan, hal inilah yang menyebabkan cacingan. Penularan penyakit ini bisa terjadi karena sentuhan tangan yang kotor dan katika anak makan menggunakan tangan tersebut cacing dapat masuk kedalam tubuh. Untuk mencegahnya Anda harus mebiasakan anak untuk selalu mencuci tangan sebelum makan.

3. Tipes
Tipes dapat ditularkan dari makanan yang tidak bersih. Gejala yang terlihat dari penyakit ini berupa demam tinggi yang tidak berhenti selama lebih dari tiga hari. Untuk itu jika anak demam selama tiga hari tidak turun segera hubungi dokter. Tifus yang parah akan menyebabkan komplikasi yang serius dan dapat terjadi perlubangan pada usus yang lebih parah akan menyerang otak.

4. Salesma
Penyakit menular anak yang biasanya terjadi yaitu salesma. Sebenarnya salesma merupakan penyakit ringan namun tetap harus diwaspadai. Penyakit ini dapat menular dari teman bermain ataupun orang dewasa yang berada disekitarnya. Gejala yang timbul akibat penyakit salesma yaitu batuk, pilek, sakit kepala dan demam. Agar tehindar dari penyakit ini harus meningkatkan daya tahan tubuh dengan pola makan yang seimbang serta pemenuhan cairan pada tubuh.

Walaupun beberapa penyakit menular anak diatas ringan namun jangan disepelekan dan juga bunda tidak perlu membatasi anak untuk mengeskplor dunianya yang harus dilakukan turut menjaga kebersihan dan asupan makanannya. Baca juga : Kenali 4 Penyakit yang Sering Menyerang Anak Balita ini

 

author
No Response

Leave a reply "Waspada 4 Macam Penyakit Menular yang Menyerang Anak!"