Waspadai Dampak Obesitas Pada Anak!

No comment 1332 views

obesitas pada anak

obesitas pada anak – Obesitas adalah suatu penyakit atau kelainan yang ditandai dengan adanya penimbunan lemak tubuh secara berlebihan. Seorang anak dikatakan obesitas apabila berat badannya lebih dari 120% dari standart berat badan yang telah ditentukan. Penyebab yang pasti dari obesitas sampai sekarang belum juga diketahui.

Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan penyakit multifaktorial yag diduga disebabkan oleh faktor genetik ataupun faktor lingkungan. Faktor lingkungan yang dimaksud adalah pola makan, gaya hidup, asupan nutrisi, aktivitas, dan juga sosial ekonomi. Obesitas memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh khususnya pada kesehatan tubuh anak – anak. Berikut adalah dampak dari obesitas pada anak yang perlu diwaspadai :

Dampak yang disebabkan obesitas pada anak

  • Penyakit diabetes mellitus-2

Pada umumnya penyakit ini jarang terjadi pada anak – anak. Kemungkinannya hanya 4% untuk mengalami penyakit ini tapi harus tetap diwaspadai karena penyakit ini juga merupakan penyakit yang berbahaya.

  • Penyakit kardiovaskuler

Anak yang mengalami obesitas pada umunya tekanan darah dan denyut jantungnya akan meningkat  dan juga bisa sebagian dari mereka mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu pada umunya anak – anak yang mengalami obesitas akan mengalami peningkatan kadar insulin, kolestrol jahat, dan tekanan darah sistolik. Dan kadar kolestrol baiknya akan menurun tapi penyakit ini lebih sering menyerang orang dewasa bukan anak – anak.

  • Obstruktive sleep apnea

Penyakit ini ditandai dengan mendengkur dan nafas yang tersendat – sendat. Penyakit ini disebabkan karena adanya penebalan pada dinding perut dan dada sehingga pergerakan diafragma dan dinding dada terganggu. Volume pada paru – paru menurun dan pola ventilasi pada paru – paru berubah, beban kerja otot menjadi meningkat. Dan otot dinding rahim mengalami penurunan saat tidur bersamaan dengan meningkatnya karbon dioksida dan penurunan kadar oksigen. Penyakit ini menyebabkan tidur menjadi tidak nyaman karena jalan nafas yang terganggu. Penyakit ini juga bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius apabila tidak segera ditangani.

  • Pseudotumos serebri

Penyakit ini terjadi karena adanya peningkatan tekanan intrakranial yang disebabkan karena adanya gangguan paru – paru dan jantung. Akibatnya kada karbondioksida menjadi meningkat, kepala sakita dan juga terjadi kehilangan penglihatan dan juag edema.

  • Gangguan orthopedik

Obesitas dapat menimbulkan penyakit ini karena berat badan yang berlebih misalnya pergerakan panggul dan lutut. Umumnya anak yang mengalami obesitas akan sering mengalami sakit pada bagian panggul dan lutut karena mengalami penurunan.

Nah itulah beberapa dampak buruk dari obesitas pada anak yang harus diwaspadai. Oleh karena obesitas merupakan kasus yang tidak ringan dan harus segera ditangani agar tidak sampai membahayakan nyawa. Semoga bermanfaat. Baca juga tentang Tips Sehat Mengurangi Berat Badan Balita

author
No Response

Leave a reply "Waspadai Dampak Obesitas Pada Anak!"