Waspadai Dan Kenali Infeksi Telinga Pada Anak!

No comment 1239 views

gambar46

infeksi telinga pada anak – Infeksi telinga adalah peradangan pada telinga yang berada ditengah yang biasanya disebabkan oleh bakteri yang berupa cairan yang menumpuk dibagian telinga tengah. Infeksi telinga lbih sering terjadi pada anak – anak dibandingan orang dewasa. Berikut adalah jenis dan penyebab infeksi telinga pada anak yang harus bunda ketahui :

Jenis – jenis infeksi telinga pada anak beserta penyebabnya

  • 3 jenis infeksi telinga

1. Otitis media akut (OMA)

Otitis media akut atau OMA adalah jenis infeksi telinga paling umum dan sering terjadi. Infeksi ini terjadi pada bagian telinga tengah yang menimbulkan bengkakdan terdapat cairan yang terperangkap di gednang telinga. Hal ini yang menyebabkan nyeri pada telinga yang biasa disebut dengan sakit telinga dan umumnya anak – anak yang mengalami sakit telinga jenis ini akan disertai demam.

2. Otitis media dengan enfusi (OME)

Infeksi jenis ini akan terjadi apabila terdapat penumpukan cairan di telinga tengah. Anak – anak yang menderita infeksi telinga jenis OME akan mendapati gejala – gejala seperti infeksi telinga OMA. Dan dokter akan bisa mendeteksi infeksi telinga OME melihat dengan alat khusus.

3. Otitis media kronis dengan enfusi (COME)

Infeksi jenis ini terjadi apabila terjadi penumpukan cairan ditengah telinga dengan waktu yang lama. Infeksi telinga jenis COME ini dapat menyebabkan ketahanan tubuh anak – anak mulai turun untuk melawan infeksi baru dan juga dapat menganggu pendengaran anak – anak.

  • Penyebab infeksi telinga

Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan. Telinga terdapat 3 bagian yaitu bagian telinga luar, bagian telinga tengah, dan bagian telinga dalam. Pendengaran pada seseorang dimulai dari gelombang suara melwati udara dan sampai pada telinga bagian luar atau yang bisa disebut dengan pinna. Pinna yaitu bagian telinga yang bisa terlihat dengan jelas. Dari pinna gelombang suara akan masuk ke saluran telinga menuju tenlinga bagian tengah dimana dibagian tersebut terdapat gendang telinga dan juga 3 tulang kecil yang disebut dengan ossicles. Ketika gendang telinga bergetar, ossicles akan memperkuat getaran ini dan membawanya kebagian telinga dalam. Telinga dalam mengubah getaran menjadi sinyal listrik dan mengirimnya kepada syaraf pendengaran yang menghubungkan ke otak. Ketika sinya tersebut sudah mencapai otak mak sudah bisa disebut sebagai suara.

Ketika anak – anak terserang flu maka yang mempengaruhi hidung maka tabung eustachius akan tersumbat oleh lendir. Penyumbatan inilah yang akan menyebabkan penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Bakteri yang sudah masuk kedalam telinga dapat mengakibatkan infeksi telingah bagian tengah. Infeksi telinga tengah dapat sembuh dalam waktu 2 atau 3 hari.

Nah itulah beberapa jenis dan penyebab infeksi telinga pada anak yang perlu diwaspadai. Selalu jaga kebersihan tubuh khususnya telinga agar terhindar dari infeksi telinga yang dapat mengganggu akivitas sehari – hari. Baca juga yuk tentang Tips Cerdas Mengatasi Jerawat Pada Bayi

author
No Response

Leave a reply "Waspadai Dan Kenali Infeksi Telinga Pada Anak!"