Yuk! Atasi Tantrum Sejak Dini

No comment 71 views

Katalogibu – Bagi ibu pastinya tidak asing lagi dengan perilaku menangis, marah bahkan menjerit yang diperlihatkan anak-anak pada usia 0-5 tahun. Gejala ini disebut gejala tantrum atau luapan emosi anak saat keinginannya tidak terpenuhi. Tantrum dianggap berbahaya jika si anak berperilaku agresif terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Namun, yang sering terjadi orang tua kurang memperhatikan gejala ini. Sehingga membuat emosi anak tidak terkendali dan muncul gejala temper tantrum atau yang biasa disebut emosi berlebihan. Tentunya orang tua tidak ingin hal ini terjadi pada buah hatinya. Saat si anak menangis, kecewa atau merasa sedih orang tua memiliki peran penting untuk mendampingi, memeluk dan memahami keinginan anak tersebut, seolah-olah mengerti apa yang dirasakan si anak.

Lalu, bagaimana jika tantrum muncul dalam bentuk perilaku? Biasanya bentuk perilakunya seperti: anak sering berbohong, menyalahkan orang lain atau bahkan menutup diri dari lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa tips yang bisa dibagikan:

  • Pegang kaki dan tangan anak erat-erat, hingga ia tidak dapat memukul, menendang dan melakukan hal berbahaya lainnya
  • Jangan memukul anak atau pun membentak, karena dengan memukul malah membuat tantrum pada menjadi lebih buruk lagi.
  • Jelaskan mengapa kita memegangnya erat-erat dan tidak menuruti keinginannya
  • Jangan ajak anak berkomunikasi hingga anak selesai usahanya untuk memberontak
  • Ajarkan pada anak bagaimana ia dapat menunjukkan kemarahannya secara spontan
  • Carilah pengalihan perhatian si anak

Namun, jika tantrum pada si anak masih berlanjut atau semakin parah, segera bawa anak ke Psikolog dan konsulitasikan apa yang sedang dialami oleh si anak. Itulah sedikit tips yang dapat bunda ketahui untuk mengatasi tantrum pada anak. Semoga berguna dan bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Yuk! Atasi Tantrum Sejak Dini"