Yuk Kenali Gejala Penyakit Gondongan Pada Anak!

gejala penyakit gondongan pada anak

gejala penyakit gondongan pada anak – Banyak orang beranggapan bahwa penyakit gondongan sama dengan penyakit gondok. Tetapi kenyataannya adalah dua penykit itu berbeda. Gondongan disebabkan karena virus golongan paramyxovirus yang berkembang didalam kelenjar air liur sehingga penderita akan mengalami pembengkakan pada bagian kelenjar air liur yang terletak diantara tulang rahang dan telinga.

Gondongan juga termasuk dalam penyakit yang menular. Adapun penularannya melalui percikan air liur sipenderita, bersin, dan batuk. Sedangkan penyakit gondok adalah penyakit hormonal yang disebabkan karena kurangnya kadar iodium dalam tubuh sehingga akan mengganggu pembentukan tiroksin pada kelenjar tiroid. Penyakit gondongan ini biasanya menyerang pada anak – anak yang berusian 2 – 12 tahun karena pada usia tersebut kekebalan tubuh anak sangat rendah dibandingkan dengan orang dewasa.

Berikut adalah gejala penyakit gondongan pada anak yang perlu diketahui oleh para orang tua :

Gejala penyakit gondongan pada anak beserta cara pencegahannya

  • Gejala penyakit gondongan yang terjadi pada anak

– Demam

– Tidak enak badan dan terasa lemas

– Pada saat menelan makanan terasa sakit pada bagian tenggorokan

– Sakit kepala

– Susah membuka mulut yang dikarenakan rasa kaku pada rahang

– Leher tampak membengkak akibat pembengkakan sekitar pada kelenjar air liur antara rahang dan telinga

Meskipun gejala penyakit gondanga dapat hilang secara sendirinya dalam waktu kira – kira satu minggu. Gondongan termasuk dalam penyakit yang tidak ada obatnya dan bisa sembuh dengan sendirinya. Pada anak – anak yang sudah pernah mengalami penyakit gondongan ini akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih dan perlu diingat bahwa penyakit gondangan hanya menyerang satu kali dalam sehidup.

Namun walaupun penyakit gondongan yang terjadi pada anak dapat sembuh dengan sendirinya, namun harus tetap mendapat penanganan serta penyembuhan yang optimal karena juga dapat memicu timbulnya komplikasi dan juga komplikasi inilah yang bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh anak anda. Salah satu komplikasi yang dapat terjadi adalah radang selaput otak atau meningitis yang daapt berakibat fatal. Penanganan yang perlu adalah dengan memberikan makanan yang bernutrisi tinggi dan asupan multivitamin yang cukup. Dan juga obat antipirelik untuk yang berguna untuk meredakan demam dan meredakan nyeri.

  • Pencegahan penyakit gondongan pada anak

Pencegahan penyakit gondongan ini juga harus tetap dilakukan meskipun tidak menjamin 100% dan tergantung pada kondisi kesehatan anak anda. Salah satu cara pencegahannya adalah dengan menghindari kontak terhadap orag yang menderita penyakit gondongan dan bagi penderitannya untuk menghindari seseorang yang belum mengalami gondangan yang berguna untuk mencegah penyebaran virus.

Nah itulah beberapa gejala penyakit gondongan pada anak yang perlu bunda waspadai. Selain menghindarkan buah hati pada orang yang mengalami gondongan pemberian imunisasi MMR juga bermanfaat untuk mencegah penyakit gondongan yang bisa terjadi pada anak anda dan juga bisa menurunkan resiko komplikasi yang disebabkan karena gondongan. Baca juga yuk tentang Iniloh Penyakit Yang Sering Diderita Saat Hamil!

 

author
No Response

Leave a reply "Yuk Kenali Gejala Penyakit Gondongan Pada Anak!"