Yuk Ketahui 5 Penyebab Iritasi Mata Pada Anak!

iritasi mata pada anak

iritasi mata pada anak – Iritasi mata adalah masalah yang sangat umum dialami oleh setiap orang dari dewasa hingga anak – anak. Seperti rasa gatal, rasa panas, rasa seperti terbakar atau iritasi yang menyakitkan dimata. Gejala – gejala yang sangat umum pada iritasi mata adalah gatal, kemerahan, nyeri, bengkak, robek, sakit, dan kelelahan sehingga bisa menyebabkan penglihatan kabur dan masih banyak lagi.

Pada iritasi mata sering sekali merasa ada sesuatu yang ada didalam mata. Ada beberapa iritasi mata yang harus melakukan konsultasi kedokter. Namun ada juga yang tidak memerlukan perawatan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi jika anak anda pernah mengalami iritasi mata, anda harus menghindarkan anak anda agar tidak menggosok matanya dan juga jangan biarkan debu atau kotoran lainnya masuk kedalam mata anak anda. Beriku adalah penyebab iritasi mata pada anak yang perlu bunda ketahui :

Penyebab – penyebab iritasi mata pada anak

  • Partikel asing yang ada dalam mata

Jika ada sesuatu partikel asing seperti debu yang masuk kedalam mata anak anda maka akan bisa menyebabkan iritasi pada mata anak. Dengan begitu anda haru dengan cepat – cepat mencuci matanya dengan air kran bersih tanpa harus menggosok matanya karena berbahaya bagi kesehatan mata anak dan juga berdampak buruk bagi matanya.

  • Sindrom mata kering

Penggunaam komputer atau laptop secara terus menerus, perubahan hormon, penggunaan kontak, kondisi atmosfer kering, penggunaan obat – obatan tertentu dan asap rokok dapat menyebabkan dimana kelenjar air mata tidak menghasilkan jumlah yang ckup atau kualitas tetes air mata untuk menjaga kelembaban optimal di mata yang dapat mengakibatkan sindrom mata kering. Sindrom mata kering juga menyebabkan iritasi mata dan jika tidak diobati maka bisa menjadi mata kabur atau infeksi. Jika anak anda mengalami sindrom mata kering maka dengan segera bawa mereka kedokter spesialis mata kemudian akan diberi resep pelumas gel atau salep untuk menjaga dan meningkatkan kelembaban mata pada anak.

Sindrom mata kering ini tidak dapat disembuhkan tetapi dapat ditangani dengan menggunakan pelumas eksternal atau menggunakan metode bedah. Namun dalam sebagian besar masalah sindrom mata kering bisa dihindari dengan cara istirahat teratur dan juga sering untuk mengedipkan mata.

  • Infeksi dan alergi 

Iritasi mata sangat sering membuat bagian putih pada mata atau biasa disebut dengan sklera tampak merah dan jika anak anda memiliki kasus lain dari iritasi mata yang biasa dikenal dengan konjungtivitis. Meskipun penyakit ini tidak menular dan disebabkan oleh virus. Tapi anda juga bisa membawa anak anda ke dokter spesialis mata agar diberikan resep obat atau obat tetes mata yang harus digunakan untuk menjaga mata dan juga mengobati iritasi mata.

  • Sub konjungtiva pendarahan

Penyakit ini disebabkan karena kondisi pembuluh darah yang pecah dibawah jaringan menutupi sklera. Yang kemudain akan membuat mata merah.

  • Cedera

Banyak kasus cedera yang bisa menyebabkan mata merah, bengkak dan sakit. Cedera pada mata sangat berbahaya dan harus memerlukan konsultasi langsung kedokter mata.

Nah itulah beberapa penyebab iritasi mata pada anak yang harus diketahui oleh para orang tua. Jaga kesehatan dan kebersihan mata karena merupakan salah satu panca indera yang sangat penting untuk kehidupan sehari – hari. Semoga bermanfaat. Baca juga yuk tentang Yuk Ketahui Bahaya Demam Pada Anak!

author
No Response

Leave a reply "Yuk Ketahui 5 Penyebab Iritasi Mata Pada Anak!"