Yuk Ketahui Bahaya Demam Pada Anak!

No comment 1051 views

demam pada anak

demam pada anak – Definisi demam merupakan kenaikan suhu tubuh pada oarng dewasa atau anak – anak yang meningkatnya hingga diatas normal. Pada tubuh yang normal, biasanya suhu tubuhnya berkisar antara 36 sampai 37 derajat celcius maka jika suhu tubuhnya lebih dari itu merupakan awal dari sebuah penyakit yang harus diwaspadai. Demam merupakan salah satu penyakit yng sering dialami oleh anak – anak yang membuat para orang tuanya merasa was – was dan khawatir.

Berikut adalah bahaya dan juga cara penanganan demam pada anak yang perlu diketahui :

Bahaya dan cara penanganan demam yang sering dialami oleh anak – anak

  • Bahaya demam yang terjadi pada anak

Demam akan sangat berbahaya apabila suhunya mencapai hingga 41 derajat celsius atau bahkan lebih demam inilah yang biasa disebut dengan hiperpireksa. Demam yang bersuhu sedang atau tinggi merupakan salah satu alasan bagi orang tua untuk sesegera mungkin membawa anaknya ke dokter. Dan bagi anda orang tua yang baik , tentunya anda harus memahami dan juga mengetahui bahaya demam pada anak. Meskipun pada umumnya demam tidak terlalu bahaya tapi jika suhu demam sampai tinggi juga bisa membahayakan nyawa bagi buah hati anda.

Salah satu penyakit yang dimulai dengan awal demam adalah penyakit infeksi yang diakibatkan oleh virus atau yang disebabkan oleh bakteri. Selain dengan adanya penyakit infeksi, demam juga bisa timbul akibat peradangan pada bagian – bagian anggota tubuh, aktivitas fisik yang berlebihan, berada dalam cuaca yang cukup panas, efek samping dari penggunaan obat – obatan tertentu, atau bahkan juga bisa merupakan gejala – gejala penyakit lainnya.

Itulah beberapa bahaya demam yang bisa menyerang anak kapan saja dan berikut adalah cara menangani demam pada anak yang perlu dipahami dan juga diketahui oleh para orang tua.

  • Cara menangani demam pada anak

– Berikan banyak cairan pada anak anda. Bagi anak anda yang masih menyusu berikan mereka ebih banyak asupan ASI agar mereka terhindar dari demam.

– Bila anak anda sudah mengalami demam jangan pakaikan mereka pakaian yang tebal atau selimut.

– Kompreslah bagian lipatan tubuh dan keningnya dengan menggunakan air hangat. Tujuannya adalah untuk menghangatkan daerah pembuluh darah besar dan untuk menghangatkan darah itu sendiri. Kondisi tersebut biasanya akan merangsang syaraf pusat yang melakukan pengaturan suhu tubuh untuk menurunkan temotat ke arah yang lebih rendah. Dengan mengkompres anak yang demam anak akan lebih banyak mengeluarkan keringat yang memiliki upaya untuk melakukan pembuangan suhu tubuh.

– Hindarkan dan jangan mengkompres anak dengan menggunakan air dingin atau bahkan es karena kondisi tersebut dapat membuat anak menggigil kedinginan.

– Jika demam pada anak anda tidak turun dalam waktu dua hari maka segera bahwa mereka ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut dan tepat.

Nah itulah beberapa ulasan tentang bahaya dan cara penanganan demam pada anak yang harus diketahui oleh orang tua. Jangan menganggap remeh pada demam yang menyerang anak karena bisa saja itu merupakan gejala awal penyakit yang serius segera bawa buah hati anda ke dokter jika demamnya tidak kunjung sembuh. Baca juga yuk tentang Obat Batuk Alami Dan Tentunya Aman Untuk Ibu Hamil

author
No Response

Leave a reply "Yuk Ketahui Bahaya Demam Pada Anak!"