Yuk Ketahui Ciri – Ciri Radang Otak Pada Anak!

ciri - ciri radang otak pada anak

ciri – ciri radang otak pada anak – Radang otak merupakan penyakit yang paling banyak mengancam jiwa khususnya pada bayi ataupun anak – anakRadang otak merupakan penyakit dimana terjadinya peradangan diselaput – selaput otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini terjadi dikarena virus, bakteri, jamur atau parasit yang telah menyebar kedalam cairan otak.

Selain itu apabila seseorang memiliki penyakit kanker, luka fisik dan penggunaan obat – obta tertentu juga merupakan salah satu pemicu penyakit radang otak. Berikut adalah ciri – ciri radang otak pada anak yang pelu para orang tua ketahui dan juga waspadai :

Resiko dan tanda fisik radang otak pada anak

  • Resiko radang otak anak

Bakteri yang terdapat dalam radang otak memiliki dampak buruk pada kesehatan anak – anak dan juga bisa menyebabkan kematian pada anak – anak. kebanyakan radang otak disebabkan oleh virus dan bakteri yang lebih sering menyerang anak – anak pada usia dibawah 5 tahun. Dari sebuah penelitian menyatakan bahwa 50% anak yang menderita radang otak meninggal dunia, namun apabila tidak sampai meninggal anak yang menderita penyakit radang otak berkemungkinan besar mengalami hal buruk didalam tubuhnya seperti halnya kelumpuhan, tuli, epilepsi, lamban dan retardasi mental.

  • Tanda fisik penyakit radang otak anak

Berikut adalah tanda – tanda yang dapat dilihat jika anak mengalami penyakit radang otak :

– Anak akan mengatakan kepalanya sakit. Dan bagi para orang tua jangan abaikan jika buah hati anda mengeluh mengenai kepalanya yang sakit dan mereka meringis hingga sampai menangis. Anda juga harus segera membawanya ke dokter untuk mendapatkan deteksi awal apakah buah hati anda mengalami penyakit radang otak atau tidak.

– Lehernya sulit bergerak atau kaku. Dan tiba – tiba buah hati anda mejadi lebih tidak aktif karena merasa kaku dan juga sulit bergerak maka anda harus segera berkonsultasi ke dokter mengenai hal ini.

– Demam dan menggigil yang tak kunjung sembuh

– Sering muntah – muntah

– Takut pada cahaya yang terang

– Sering bingung. Jika anda mengetahui buah hati anda sering merasa bingung dan juga kurang konsentrasi maka anda harus waspada tentang hal ini.

– Terjadi kejang – kejang. Apabila buah hati mengalami kejang – kejang maka segera bawa dia ke dokter untuk mencegah hal – hal yang bertambah buruk terjadi.

– Infeksi saluran pernapasan

– Kehilangan rasa atau kekuatan diwajah

– Pembengakakan dan menimbulkan rasa nyeri di sendi – sendinya

– Ruam terlihat seperti memar

Nah itulah beberapa ciri – ciri radang otak pada anak jadi jika anda sudah mengetahui dan juga sudah mendeteksi ciri – ciri radang otak maka anada segera berkonsultasilah ke dokter karena bisa menyebabkan komplikasi apabila tidak ditangani dengan baik. Jika radang otak yang dialami ringan hanya akan terjadi dalam waktu 3 – 4 hari namun apabila radang otak yang dialami berat maka kemungkinan sembub setelah 7 – 14 hari. Semoga bermanfaat. Baca juga tentang Yuk Kenali Gejala Penyakit Gondongan Pada Anak

author
No Response

Leave a reply "Yuk Ketahui Ciri – Ciri Radang Otak Pada Anak!"