Yuk, Ketahui Gejala dan Pengobatan Cerebral Palsy

Katalogibu – Penyakit kelumpuhan otak atau Cerebral Palsy adalah kondisi dimana ada gangguan gerakan, otot atau postur yang disebabkan oleh cedera otak. Hal ini biasa terjadi sebelum melahirkan ataupun saat melahirkan. Ada 3 jennis gangguan ini diantaranya athetoid, ataxic dan yang umum spastic. Gangguan ini tidak diturunkan namun muncul pada awal masa kehidupan.

 

  • Gejala

Gejala Cerebral Palsy umumnya pergerakan lengan dan kaki yang kurang normal, kaku otot dan refleks berlebihan, gerakan lambat, kesullitan menelan, kesulitan bicara, gerakan lambat, kurangnya koordinasi otot, getaran atau gerakan tidak sadar dan mata terlihat merah.

 

Pada penderita jenis spastic meiliki otot yang sempit sehingga pergerakannya kaku terutama pada bagian kaki, lengan dan punggugng. Sedangkan jenis athetoid mengalami gangguan seluruh tubuh hingga memiliki gangguan keseimbangan dan koordinasi. Dan ataxic gabungan dari ke dua jenis diatas.

 

Terkadang anak-anak yang mengalami gangguan tersbut mengalami gangguan dalam beljar mendegar, melihat ataupun memiliki keterbelakangan mental. Kemungkinan juga, ada gejala-gejala yang tidak disebutkan diatas.

 

  • Pengobatan

Sebenarnya gangguan ini bersifat permanen, hanya saja pengobatan dapat dilakukan untuk mengurangi ketegangan otot, mengobati rasa sakit. Gejala dan kelumpuhan dapat dibantu dengan latihan fisik terapi okupasi, konseling psikologis, dan operasi. Dengan adanya terapi ini memungkinkan memperbaiki kemampuan anak sehingga dapat menjalani hidup yang mendekati normal.

 

Beberapa jenis terapi bisa dikelompokkan diantaranya rehabilitasi medik, dimana penderita akan mendapatkan terapis fisik, terapi okuptasi dan terapi wicara. Tujuannya adalah untuk memperbaiki pola gerakan, fungsi bicara dan bahasa serta tugas-tugas ringan setiap harinya. Terapi bisa dilakukan sejak usia satu tahun, dengan tujuan untuk mencegah kelemahan dan gangguan pada otot.

 

Selanjutnya ada terpai perilaku, terapi ini dilengkapi terapi rehabilitasi yang dilakukan oleh seorang psikolog. Bimbingan emosional dan psikologikal pada setiap usia yang seringkali merasakan masa sulit pada usia remaja sampai dewasa muda.

 

Dengan melakukan terapi sesuai kebutuhan berfungsi untuk merangsang sebanyak mungkin sambungan-sambungan pada sel otak. Terapi motorik juga bertujuan untuk mengaktifkan otak yang masih dalam keadaan sehat. Meskipun tidak pulih total, dengan adanya terapi dapat membantu kemandirian anak.

 

Dan jika mengalami gangguan yang cukup berat yang mengakibatkan gangguan gerakan, terutama gerkan berjalan maka direkomendasikan untuk melakukan operasi. Operasi ini bertujuan untuk mengatasi kekakuan otot.

 

 

Bunda, penting mengetahui gejala Cerebral Palsy lebih awal, untuk mendapatkan perawatan yang tepat agar anak bisa mendekati kehidupan normalnya.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Ketahui Gejala dan Pengobatan Cerebral Palsy"