Yuk, Simak Gejala Bronkitis Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Gejala Bronkitis Pada Anak

Sebagai individu yang belum memiliki sistem ketahanan tubuh yang benar-benar kuat, sudah menjadi hal yang jamak jika anak Anda sering jatuh sakit, seperti sakit flu atau batuk. Namun tidak jarang gejala batuk pilek yang terkesan sepele tersebut berubah menjadi jenis penyakit yang lebih serius, yaitu penyakit bronkitis. Wah, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui apa saja gejala bronkitis pada anak dan cara mengatasinya.

Bronkitis adalah infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran udara menuju paru-paru, yaitu bronkus. Dan dengan mengetahui gejala bronkitis pada anak dan cara mengatasinya, maka akan sangat membantu Anda dalam memberikan pertolongan pertama serta menentukan tindakan lanjut yang harus diambil semisalkan penyakit bronkitis anak tidak kunjung membaik.   Baca juga: Intip Tips Makanan Untuk Ibu dengan Kehamilan Kembar, Yuk

Sedangkan gejala-gejala yang timbul saat anak Anda terkena bronkitis, adalah antara lain panjangnya periode batuk yang diderita oleh anak, yang berlangsung selama lima hari atau bahkan lebih. Gejala kedua adalah keluarnya dahak berwarna bening, kuning, hijau, atau bahkan putih. Munculnya dahak tersebut menandakan bahwa bakteri dan virus telah sampai dan menginfeksi paru-paru. Akibatnya, anak memiliki kesulitan saat bernapas, dan seringkali saat ia bernapas menimbulkan suara (atau mengi). Anak Anda juga sering mengeluhkan dada yang sakit atau terasa nyeri setiap ia batuk.

Apabila dibiarkan saja, gejala bronkitis dapat menjadi semakin parah dan berubah menjadi bronkitis kronis. Dan semakin besar tingkat keparahan penyakit ini, maka akan semakin sulit dan lama proses penyembuhan yang harus dilalui oleh anak Anda. Sehingga langkah bijak yang harus ditempuh ketika Anda mencurigai bahwa anak Anda menderita bronkitis adalah dengan membawanya ke dokter. Dengan demikian, anak Anda akan memperoleh tindakan pengobatan yang dibutuhkannya.

Sebaik-baiknya langkah pengobatan adalah mencegah. Penyakit bronkitis dapat dicegah dengan vaksinasi yang saat ini telah dibiayai dan digalakkan oleh pemerintah. Selain itu, anak juga wajib dijauhkan dari paparan asap rokok, asap polusi kendaraan, dan Anda juga perlu mendidik anak Anda untuk menjaga kebersihan dan pola makan. Salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan sepulangnya mereka dari bermain di luar rumah, serta sebelum mereka mengkonsumsi makanan.

Anak Anda juga perlu diberikan asupan makanan bervitamin tinggi sehingga daya tahan tubuh mereka semakin terbentuk dan mampu melawan virus penyakit flu dan batuk yang menyerang tubuh si kecil.

Demikianlah uraian mengenai gejala bronkitis pada anak dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini membantu Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Simak Gejala Bronkitis Pada Anak dan Cara Mengatasinya"