4 Cara Mengolah Makanan Paling Sehat

No comment 3233 views

4 Cara Mengolah Makanan Paling Sehat

Makanan sehat –¬†Konsumsi makanan sehat memang telah terbukti banyak sekali memberikan efek manfaat kesehatan pada tubuh. Adanya kandungan nutrisi dan zat bergizi lainnya memang sangat berperan penting untuk pembentukan sel darah merah, kekuatan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, mencerdaskan otak dan segudang manfaat lainnya.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Bunda harus memperhatikan dengan benar cara mengolah makanan sehat ini ke dalam sajian menu sehat yang dapat dinikmati bersama keluarga. Pengolahan makanan sehat yang tidak tepat sangat berpotensi untuk merusak vitamin dan semua kandungan nutrisi bermanfaat dalam menu bermanfaat satu ini.

Nah, simak 4 metode memasak paling sehat pada beberapa poin berikut ini:

1. Merebus

Merebus merupakan cara paling mudah dan praktis dalam mengolah makanan sehat. Selain itu, metode memasak makanan sehat satu ini juga tergolong paling hemat karena Bunda tak perlu menuangkan minyak atau mentega untuk mengolah makanan. Bunda hanya perlu memasukkan bahan makanan sehat ke dalam panci yang ditambahkan air dan sedikit garam. Akan tetapi, perhatikan bahwa suhu yang digunakan jangan sampai terlalu tinggi agar tidak merusak kandungan gizi makanan.

2. Mengukus

Mengukus juga merupakan metode memasak makanan sehat paling praktis dan hemat. Hampir semua makanan mulai dari jenis sayuran sampai beberapa lauk seperti tempe juga akan terasa nikmat ketika dikukus. Mengukus ini juga akan lebih menjamin kandungan gizi makanan karena nutrisi makanan sehat tidak ikut larut ke dalam air rebusan.

3. Memanggang

Memanggang merupakan cara memasak makanan sehat yang juga membebaskan Bunda dari penggunaan minyak goreng. Bunda dapat memanfaatkan oven untuk memanggang beberapa olahan makanan sehat alami seperti kentang atau daging ayam. Namun, Bunda juga harus memperhatikan suhu pemanggang. Suhu yang terlalu tinggi justru akan merusak kandungan protein dalam bahan makanan sehat dan memicu beberapa penyakit seperti kanker.

4. Tidak dimasak

Beberapa jenis makanan sehat seperti buah-buahan tentu akan lebih baik jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Kandungan vitamin dan mineral, serta serat yang terdapat pada buah-buahan segar ini sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, nutrisi yang terkandung pada buah segar akan dapat dirasakan manfaatnya secara maksimal jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Adanya informasi tentang cara memasak makanan sehat ini akan bantu Bunda untuk mengolah menu makanan sehat secara lebih baik tanpa kehilangan kandungan nutrisi dan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, Bunda juga harus melakukan penyesuaian tentang durasi lama memasak untuk menjaga keutuhan manfaat kandungan gizi dalam makanan.

 

 

author
No Response

Leave a reply "4 Cara Mengolah Makanan Paling Sehat"