4 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

ibu menyusui

Masa kehamilan sudah lewat, dan kini buah hati Anda sudah ada di dalam pelukan Anda. Dan kini, ada tugas baru bagi Anda yaitu menjalani peran sebagai seorang ibu menyusui. Seperti yang kita ketahui, di masa awal hidupnya bayi tidak membutuhkan asupan makanan apapun selain ASI yang tentunya hanya bisa diberikan oleh Anda. Dan karena ASI ini merupakan sumber nutrisi bagi perkembangan lebih lanjut dari buah hati Anda, Anda wajib memberikan ASI kualitas tinggi. Dalam arti, ASI tersebut harus mengandung berbagai macam nutrisi yang lengkap untuk menjaga tumbuh kembang bayi. Satu-satunya cara adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui. Apa sajakah itu?
• Daun Katuk
Makanan sehat untuk ibu menyusui ini sangat disarankan, terutama jika Anda memiliki masalah dengan produksi ASI yang terlampau sedikit. Daun katuk muda kaya akan zat Laktagum dan Prolaktin, yang mana sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI sehingga Anda dapat memberikan asupan ASI yang berlimpah pada bayi Anda. Tidak hanya itu, daun katuk juga mengandung zat-zat penting lainnya, seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan potassium. Yang mana zat-zat tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menambah kepadatan tulang, dan menjaga kesehatan mata baik untuk ibu menyusui maupun sang bayi.
• Ikan Tuna
Ikan laut ini merupakan sumber dari asam lemak Omega-3 yang dapat membantu merawat sel-sel otak pada bayi dan meningkatkan kecerdasannya. Tak hanya itu, lemak omega-3 di dalam ikan tuna juga dapat membantu mencegah ibu menyusui dari resiko terkena penyakit pikun dan meningkatkan daya konsentrasi. Hanya saja, jangan mengkonsumsi ikan ini terlalu sering, karena ikan tuna merupakan jenis ikan laut yang terkenal dengan kandungan polutan merkurinya.
• Ketimun
ASI merupakan bagian dari cairan tubuh ibu, dan karena bayi memerlukan asupan ASI yang sangat banyak tidak menutup kemungkinan bahwa ibu hamil bisa terkena dehidrasi. Nah, untuk mencegah Anda dari terkena dehidrasi Anda wajib rajin meminum air putih dan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kandungan air. Contohnya adalah mentimun. Tidak hanya kaya akan air dan serat, mentimun juga bisa dijadikan solusi bagi Anda yang terkena hipertensi.
• Bayam
Sayuran hijau ini sangat dikenal sebagai salah satu sumber asam folat. Asam folat tidak hanya dibutuhkan bayi saat ia masih berwujud janin di dalam rahim, tapi juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan otaknya sampai kapanpun. Bayam juga kaya akan kalsium yang dapat membantu mencegah osteoporosis baik pada anak maupun pada ibu.
Moms, yuk rajin-rajin mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui di atas!

author
No Response

Leave a reply "4 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui"