4 Makanan Untuk Diabetes Mellitus

No comment 154 views

Makanan Untuk Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus, atau kencing manis adalah gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula di dalam darah. Faktor utama dari peningkatan kadar gula tersebut bisa diakibatkan oleh adanya gangguan sekresi insulin, gangguan fungsi insulin, atau bisa juga merupakan gabungan dari kedua faktor tersebut. Diabetes dibagi menjadi 2 tipe, dimana penderita Diabetes Mellitus Tipe 1 (DM 1) harus menerima suntikan insulin seumur hidup untuk membantu mengontrol kadar insulin di dalam darahnya, sedangkan penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 wajib mengubah gaya hidupnya menjadi gaya hidup yang lebih sehat, salah satunya adalah untuk mengkonsumsi makanan untuk diabetes mellitus.

  • Apel

Buah apel merupakan salah satu makanan untuk diabetes mellitus yang paling mudah didapatkan. Buah apel tidak hanya memiliki kandungan vitamin, serat, dan air yang tinggi, kandungan nutrisi di dalam sebutir buah apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan membantu menurunkan resiko penyakit yang disebabkan oleh gangguan organ hati, salah satunya adalah penyakit diabetes.

Penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi lebih dari 5 butir apel seminggu dapat menurunkan resiko seseorang terkena diabetes mellitus sebanyak 23%.

  • Asparagus

Asparagus tidak hanya memiliki rasa alami yang gurih dan lezat, sayuran ini juga merupakan sumber terbesar dari glutathione, salah satu zat antioksidan yang tidak hanya dapat membentengi tubuh dari zat-zat radikal bebas penyebab kanker, tetapi juga dapat mengatasi penuaan dini. Selain itu, zat glutathione juga dapat membantu mengontrol level gula darah dengan meningkatkan produksi hormon insulin.

  • Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang kaya akan kandungan lemak, sehingga konsumsi buah alpukat memang sebaiknya dibatasi dalam ambang yang sewajarnya. Akan tetapi, kandungan lemak di dalam buah ini termasuk lemak nabati tak jenuh yang justru dapat membantu mengontrol kadar kolesterol, dan di saat yang sama membantu mengontrol kadar gula di dalam darah Anda.

  • Kacang-Kacangan

Super food ini bisa dibilang wajib ada di dalam menu diet diabetes Anda. Alasannya adalah, kandungan serat di dalam kacang tidak hanya dapat membantu untuk mencegah adanya komplikasi yang disebabkan oleh penggumpalan darah seperti stroke dan penyakit jantung, konsumsi secangkir kacang-kacangan setiap hari dapat membantu mengontrol kadar glukosa dan A1C di dalam darah.

author
No Response

Leave a reply "4 Makanan Untuk Diabetes Mellitus"