6 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

5 Cara Ampuh dan Menyehatkan Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Menurunkan berat badan setelah melahirkan – Menjaga bentuk tubuh seperti sebuah kewajiban bagi setiap wanita. Bahkan sedikit perubahan pada dari wanita membuatnya tidak percaya diri, untuk itu apa saja akan dilakukan agar tubuh tetap langsing dan indah. Namun Anda tidak bisa menghindari pertambahan berat badan yang terjadi pada saat hamil hingga pasca melahirkan.

Bertambahnya berat badan saat hamil memang sebuah keharusan karena merupakan ciri kehamilan yang sehat asalkan pertambahan berat badan tidak berlebihan. Tapi hal ini menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri untuk wanita setelah proses melahirkan karena mereka tidak mau tubuhnya tidak seindah sebelum hamil dulu. Untuk itu banyak wanita yang setelah hamil selalu mencari cara menguruskan badan sesudah melahirkan. Cara berikut merupakan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan

1. Berjalan
Selain menyehatkan, kegiatan berjalan ternyata merupakan cara menguruskan badan setelah melahirkan yang ampuh karena dapat membakar kalori jika hal ini dilakukan secara rutin. Anda dapat melakukannya sembari mendorong bayi dengan kereta pada pagi hari saat udara masih segar dan bebas polusi, jika pada pagi hari tidak sempat maka Anda dapat memilih waktu pada sore hari.

2. Kegiatan Menyusui
Selain penting bagi kebutuhan nutrisi bagi si bayi, memberikan ASI eksklusif ternyata dapat mengurangi kalori bagi sang ibu. Studi telah membuktikan bahwa menyusui dapat membantu Anda mengembalikan bentuk tubuh Anda seperti sebelum masa kehamilan. Selain itu, proses menyusui membantu dalam membakar sekitar 400-500 kalori per hari merupakan cara menurunkan berat badan setelah melahirkan secara cepat.

3. Makan Makanan Seimbang
Apa yang Anda makan sangat berpengaruh terhadap berat badan Anda, khususnya setelah melahirkan. Untuk cara menguruskan badan sesudah melahirkan, hindarilah makanan berlemak, pedas dan tinggi kalori. Tingkatkan asupan sayuran segar dan buah-buahan pada menu makan Anda, termasuk dengan mengkombinasikan dengan makanan yang mengandung banyak vitamin, protein dan mineral. Juga, penuhi asupan daging tanpa lemak, ikan dan produk susu rendah lemak serta sayuran hijau.

4. Tidur
Meski terasa mustahil bagi ibu baru melahirkan untuk bisa mendapat tidur cukup tapi studi menunjukkan ibu baru yang tidur lima jam atau kurang di malam hari cenderung berat badannya bertambah. Sebab, saat lelah tubuh akan melepaskan kortisol dan hormon stres lain yang bisa memicu bertambahnya berat badan.

5. Olahraga
Olah raga setelah melahirkan adalah cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Dengan banyak bergerak akan membakar kalori sehingga dapat menurunkan berat badan. Selain itu olahraga juga dapat menjaga kesehatan dan membuat tubuh menjadi bugar pasca melahirkan.

6. Menyusui Bayi

Tahukah Anda bahwa menyusui bayi Anda bisa mengurangi berat badan Anda? Wanita yang menyusui membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan dengan ibu yang memberi susu formula pada bayinya. Nah, dengan tetap makan makanan sehat dan melakukan olahraga ringan dan rutin, kebutuhan kalori tambahan akan diambil dari persediaan lemak di tubuh Anda. Anda bisa menurunkan berat badan Anda secara alami dan tetap sehat.

Tidak perlu diet ketat untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, agar tetap sehat Anda dapat mengikuti cara – cara di atas. Diet untuk menurunkan berat badan yang ketat hanya dapat mengganggu kesehatan Anda, cara ampuh dan menyehatkan untuk menurukan berat badan yang baik yaitu mencermati kegiatan di atas. Baca juga : Apa Khasiat Yang Dimiliki Rumput Laut Untuk Ibu Hamil ?

author
No Response

Leave a reply "6 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan"