5 Daftar Imunisasi Wajib untuk Bayi!

No comment 1349 views

Wajib Lakukan 5 Imunisasi untuk Bayi ini ya bun!

Imunisasi bayi – Beberapa kewajiban orang tua yang harus dilakukan agar bayinya sehat yaitu dengan melakukan imunisasi. Imunisasi bayi dilakukan untuk mencegah penyakit bahaya yang akan menyerang bayi, hal ini sangat penting dilakukan namun sebagian orang tua justru mengabaikannya. Setelah mengabaikannya yang ada akan menjadi penyesalan tersendiri setelah hal yang tidak diinginkan terjadi. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, kalimat itulah yang cocok menggambarkan fungsi dari imunisasi bayi.

Badan kesehatan dunia atau WHO membuat program dan mewajibkan bayi diberi lima jenis imuniasasi. Wajib berarti semua bayi yang ada di Indonesia harus diberikan lima jenis imunisasi tersebut untuk mencegah beberapa jenis penyakit tertentu. Dan tujuh jenis imunisasi lainnya dianjurkan untuk menambah kekebalan daya tahan tubuh. Jika Anda masih belum mengatahui apasaja imunisasi bayi yang harus diberikan, berikut informasi selengkapnya.

 Imunisasi wajib untuk bayi

1. BCG
Bayi yang baru lahir harus diberikan suntikan vaksin BCG untuk mencegah penyakit TBC. Jika pemberiannya terlambat, harus melakukan uji tuberkulin dahulu. Jika hasilnya negatif maka diperbolehkan untuk melakukan imunisasi BCG.

2. Hepatitis B
Pemberian imunisasi Hepatitis B dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu pada usia 12 jam pertama setelah lahir, dilanjutkan pada usia bayi 1 bulan, dan yang terakhir diberikan pada usia 3-6 bulan.

3. Polio
Imunisasi bayi yang selanjutnya yaitu polio. Vaksin polio-0 diberikan pada saat kunjungan pertama setelah bayi lahir, kemudian dilakukan tiga kali vaksin yaitu pada usia 2, 4, dan bulan. Setelah itu pemberian vaksin diulang pada usia 18 bulan dan 5 tahun.

4. DTP
Pemberian imunisasi DPT bertujuan untuk mencegah penyakit difteri, tetanus dan pentusis. Vaksin ini diberikan pertama kali saat usia bayi lebih dari 6 minggu, kemudian pada 4 dan 6 bulan. Dan diulang lagi saat anak berusia 12 tahun, biasanya dilakukan saat kelas VI SD.

5. Campak
Imunisasi campak dilakukan pada saat bayi berusia 9 bulan dan campak 2 diberikan pada anak umur 6 tahun. Sebenaranya bayi sudah mendapatkan kekebalan dari ibunya namun bertambahnya usia ibu menyebakan antibodi menurun sehingga perlu mendapatkan vaksin.

Sebagai orang tua yang baik dan menginginkan anaknya sehat, Anda harus melakukan imunisasi bayi sebelum terlambat. Baca juga : 5 Tips Penting Sebelum Anak Diimunisasi

author
No Response

Leave a reply "5 Daftar Imunisasi Wajib untuk Bayi!"