6 Makanan Peningkat Kekebalan Tubuh pada Anak

Makanan Peningkat Kekebalan Tubuh pada Anak

Makanan peningkat kekebalan tubuh anak – Jenis makanan yang dimakan oleh anak akan langsung berpengaruh kepada pertumbuhan mereka, untuk itu bunda harus memberikan makanan yang tidak hanya seimbang namun terdapat asupan nutrisi yang lengkap, dan tidak kalah pentingnya juga mampu mendukung perkembangan anak. Selain itu ternyata juga ada makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Pada umumnya balita mendapatkan kekebalan tubuh atau imunitas dari ASI yang diberikan oleh ibunya. Namun walaupun demikian untuk anak yang telah mendapatkan MPASI juga harus mendapatkan makanan penambah kekebalan tubuh agar si kecil tidak mudah terserang penyakit. Tapi taukah Anda makanan peningkat kekebalan tubuh anak? Simak ulasan berikut ini.

Jenis makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak

1. Buah dan sayuran
Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah dan juga sayur bukan hanya merupakan makanan sehat untuk anak tetapi juga makanan peningkat kekebalan tubuh anak. Buah-buahan dan juga sayur-sayuran memiliki kandungan zat fitonutrien yang dapat membantu menangkal radikal bebas yang menjadi sumber penyakit si kecil. Pilih buah dan sayuran berwarna cerah. Bahan makanan berwarna pelangi dikemas dengan kandungan Vitamin B dan C yang cukup tinggi. Misalnya saja paprika.

2. Daging rendah lemak
makanan penambah kekebalan tubuh anak yang selanjutnya adalah daging rendah lemak. Daging ikan, sapu, dan juga ayam tanpa lemak mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh sang buah hati. daging tersebut memiliki kandungan zinc yang dibutuhkan oleh sel darah putih guna melawan sumber penyakit dari luar. Daging kaya akan kandungan Vitamin B12 yang sangat baik untuk memproduksi sel darah putih. Baca juga: Ini Daftar Makanan Nikmat Penurun Demam!

3. Yogurt
Makanan peningkat kekebalan tubuh anak berikutnya adalah yogurt. Yogurt mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik yang mampu memeangi bakteri jahat pada sistem pencernaan serta membantu meningkatkan efektifitas pencernaan. Mengkonsumsi yogurt dengan teratur akan membantu anak untuk lebih tahan pada serangan infeksi saluran pernafasan, infeksi telinga, serta flu.

4. Kefir
Kefir merupakan minuman susu fermentasi sejenis yogurt tapi berbentuk lebih cair. Biasanya kefir dibuat dari susu sapi atau kambing yang difermentasi menggunakan beberapa jenis bakteri dari kelompok Lactobacillus. Seperti halnya yogurt, kandungan bakteri ‘baik’ dalam kefir mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari beragam serangan bakteri ‘jahat’.

5. Madu
Madu memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk membangun imunitas yaitu protein. Menurut sebuah penelitian, jika anak mengonsumsi madu secara rutin dapat menjaga stamina tubuh, mengatasi kekurangan energi, dan mengandung zat antibiotik yang dapat melawan penyakit infeksi.

6. Ikan

Ikan juga bisa menjadi makanan yang akan menambah kekebalan tubuh anak, terutama jenis ikan yang kaya akan omega 3. Omega 3 membantu mensuplai sel darah putih untuk melawan bakteri jahat. Anda bisa menghidangkan sajian dengan bahan utama ikan tuna dan salmon, karena keduanya merupakan sumber omega 3.

Anda juga bisa menambahkan susu formula untuk bayi yang sudah berusia di atas 6 bulan, Bun. Hal ini dapat membantu mencukupkan asupan Vitamin A, C dan D harian si Kecil. Namun sebaiknya jangan memberikan susu formula untuk buah hati Anda lebih dari 500 ml per harinya, ya?

Itulah kelima makanan peningkat kekebalan tubuh anak yang harus Anda tambahkan dalam daftar menu harian. Agar anak tidak bosan, Anda dapat memberikannya bergantian.

author
No Response

Leave a reply "6 Makanan Peningkat Kekebalan Tubuh pada Anak"