5 Langkah Tepat Memilih Tempat Makan Bayi Berbahan Plastik

5 Langkah Tepat Memilih Tempat Makan Bayi Berbahan Plastik

Tempat makan bayi – Si kecil sudah mulai belajar makan sendiri bun? Mengajarkan anak untuk mulai belajar makan sendiri sejak dini akan membuat anak lebih mandiri. Tentu saja tempat makan bayi kebanyakan terbuat dari plastik, karena ketika tersenggol tidak akan pecah.

Namun disisi lain adanya berita jika menggunakan plastik tidak aman untuk kesehatan membuat Anda bingung. Tempat makanan dan minuman yang mengandung formaldehid jika terpapar terus menerus akan meningkatkan resiko terserang kanker, dan botol susu bayi dengan Bisphenol A yang berlebihan akan mengganggu kerja endokrin.

Jika demikian apa yang harus bunda lakukan? Jangan khawatir ya bun! Dengan pemilihan tempat makan bayi berbahan plastik yang tepat tentu saja akan aman terhadap kesehatan Anda dan keluarga. Memilih tempat makan dan minuman yang berbahan plastik jangan hanya tergiur dengan bentuk dan warna yang menarik ataupun harga yang murah, namun juga pertimbangkan kualitasnya.

Karena pada beberapa plastik tertentu tidak tahan panas dan ada yang tidak tahan dingin, jika Anda tidak mengetahuinya maka makanan akan terkontaminasi dengan bahan berbahaya yang terdapat dalam plastik tersebut. Berikut cara menjaga kesehatan keluarga Anda dengan tips memilih tempat atau wadah plastik yang aman.

Cara memilih wadah plastik aman

1. Lihat kode BPA
Periksalah tempat makan bayi dan perlengkapan makan Anda lainnya yang berbahan plastik di dapur. Perhatikan pada bagian bawah wadah plastik tersebut biasanya terdapat simbol segitiga dengan angka. Jika terdapat angka 1, 2, 4, dan 5 berarti wadah plastik tersebut aman karena bebas dari bahan kimia BPA. Namun ketika Anda menemukan perlengkapan makan dengan angka 3, 6, dan 7 segera gudangkan perabotan tersebut karena berbahaya.

2. Baca intruksi
Wadah plastik yang berkualitas biasanya terdapat intruksi apakah aman digunakan di freezer atau microwave. Teliti dan cermati baik – baik labelnya karena wadah plastik yang berkualitas akan tahan dipanaskan dengan microwave ataupun diletakan di freezer.

3. Cermati tutup wadah plastik
Jika Anda akan membeli tempat makan bayi berbahan plastik dengan tutup carilah wadah yang dilapisi silikon dibagian tutupnya karena itu artinya wadah plastik tersebut bersifat kedap udara sehingga aman untuk menyimpan makanan agar tetap segar berada di freezer.

4. Jangan menyimpan makanan panas dan berlemak
Wadah plastik tidak cocok untuk menyimpan makanan panas, berminyak dan berlemak karena dapat menghantarkan zat zat kimia plastik ke dalam makanan.

5. Berbahan nano silver
Ketika Anda ingin menyimpan makanan dalam jangka waktu yang cukup lama gunakan wadah plastik yang berbahan nano silver karena bahan ini dapat memperlambat proses pembusukan.

Dengan pemilihan tempat makan bayi yang tepat Anda tidak perlu khawatir dengan kesehatan bayi dan keluarga Anda. Semoga bermanfaat! Baca juga : 4 Permainan untuk Optimalkan Perkembangan Bayi

author
No Response

Leave a reply "5 Langkah Tepat Memilih Tempat Makan Bayi Berbahan Plastik"