5 Manfaat Penting Ikan Kembung untuk Ibu Hamil

No comment 5386 views

5 Manfaat Penting Ikan Kembung untuk Ibu Hamil

Manfaat ikan kembung untuk ibu hamil – Ibu hamil disarankan untuk selalu memperhatikan pola makannya, untuk itu makanan yang dikonsumsi ibu hamil haruslah memiliki manfaat baik untuk dirinya sendiri maupun untuk janin dalam kandungan. Salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil yaitu ikan, manfaat ikan untuk ibu hamil banyak sekali namun ada beberapa ikan juga yang tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Banyak jenis ikan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil kecuali ibu hamil mempunyai alergi tersendiri terhadap beberapa jenis ikan tertentu. Salah satu contoh ikan yang baik untuk kesehatan ibu hamil yaitu ikan kembung. Jenis ikan ini mempunyai kandungan gizi yang diperlukan oleh ibu hamil yaitu kaya akan vitamin dan mineral. Gizi ikan kembung memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil diantaranya sebagai berikut.

Manfaat ikan kembung untuk ibu hamil

1. Mencegah diabetes
Asam lemak yang terkandung dalam ikan kembung merupakan asam lemak tak jenuh yaitu MUFA. Manfaat asam lemak tesebut dapat mengontrol serta mencegah gula darah atau diabetes. Ibu hamil yang megkonsumsi ikan kembung tidak hanya dapat mengatur kadar gula darah namun juga menurunkan resiko diabetes.

2. Mencegah Penyakit Jantung
Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah resiko penyakit jantung adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung manfaat omega 3. Ikan kembung tidak hanya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan polyunsaturated fatty acid, tetapi juga memiliki kandungan yang rendah lemak jenuh. Oleh karena itu makan ikan ini dapat membantu menurunkan risiko komplikasi jantung seperti stroke, aterosklerosis, serangan jantung dan aritmia.

3. Meningkatkan fungsi kognitif
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi asam lemak omega-3 berada pada risiko yang lebih rendah untuk terkena depresi. Oleh karena itu, dengan menambahkan ikan kembung dalam menu harian, dapat membantu mengurangi perubahan suasana hati yang umum terjadi pada penderita depresi.

Selain itu juga ikan kembung dapat meningkatkan aktivitas obat antidepresan. Ikan kembung kaya akan DHA (Docosahexaenoic acid) yang dapat menurunkan kemungkinan resiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

4. Mendukung imunitas
Kandungan anti inflamasi dalam asam lemak omega 3 dalam manfaat ikan salmon membantu untuk membentengi sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga mendukung fungsi organ yang telah dilemahkan oleh virus penyakit, sehingga akan meningkatkan kapasitas tubuh untuk melawan infeksi. Ikan Kembung merupakan salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi bagi orang yang baru saja sembuh dari sakit atau bagi mereka yang menjalani perawatan medis.

5. Manfaat ikan kembung untuk janin
Tidak hanya ibu hamil yang memperoleh manfaatnya namun janin yang terdapat dalam kandungan mendapatkan manfaat pula. Karena ikan kembung kaya akan omega 3 yaitu DHA dan EPA maka dapat bermfaat untuk tumbuh kembang janin, serta organ penting janin seperti sel otak.

Selain itu menurut sebuah studi membuktikan bahwa kandungan asam lemak omega 3 dapat mengembangkan IQ dan Psikomotorik pada bayi dan anak sehingga dapat meningkatkan kemampuna belajar serta daya ingat. Serta masih banyak lagi manfaat ikan kembung untuk janin seperti menghilangkan resiko rheumatoid arthritis dan multiple sclerosis, menghambat pertumbuhan kanker, serta untuk pembentukan sel-sel darah dan jantung pada janin.

Nah, setelah menyimak manfaat ikan kembung untuk ibu hamil di atas masihkah Anda berfikir dua kali untuk memperbanyak konsumsi ikan kembung? Jangan lupa untuk menambahkan ikan kembung dalam daftar menu makanan Anda. Baca juga : 2 Resep Makanan Bayi Terbaik dari Ikan Tuna!

author
No Response

Leave a reply "5 Manfaat Penting Ikan Kembung untuk Ibu Hamil"