5 Tips Merawat dan Membersihkan Kesehatan Gigi

5 Tips Merawat dan Membersihkan Kesehatan Gigi

Kesehatan GigiMenjaga kesehatan gigi sangatlah penting. Karena jika tidak berbagai masalah kesehatan seputar gigi dan mulut dapat muncul kapan saja. Misalnya sakit gigi, masalah gigi berlubang, gusi bengkak dan sebagainya.

Kebersihan gigi dan mulut yang tidak dirawat dengan baik tidak hanya menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi dan radang gusi, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Menjaga kebersihan mulut dan gigi adalah jendela menuju hidup sehat karena lebih dari 90% materi yang masuk tubuh Anda melalui mulut Anda.

Lima langkah berikut dapat memastikan kebersihan dan kesehatan gigi Anda:

  • Rajin membersihkan gigi demi kesehatan mulut

Jika anda ingin memiliki gigi yang sehat maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan gigi secara rutin dan benar. Menyikat gigi yang benar minimal dua kali sehari dapat membantu anda menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

  • Mengunyah permen karet

Penggunakan permen karet bebas gula dapat bermanfaat untuk kesehatan gigi Anda. Mengunyah permen karet dapat membersihkan gigi karena biasanya permen tersebut mengandung pemanis xylitol yang bermanfaat menghambat perkembangan bakteri streptococcus sehingga mengurangi gigi berlubang dan plak. Selain itu, kegiatan mengunyah juga merangsang produksi air liur yang merupakan perlindungan alami terhadap kerusakan gigi.

  • Berkumur dengan antiseptik kesehatan gigi

Anda dapat menyempurnakan sikat gigi dengan berkumur menggunakan larutan antiseptik untuk membunuh bakteri penyebab plak di tempat-tempat yang tidak terjangkau gigi.

  • Produk pemutih gigi

Jika anda ingin memutihkan gigi, tidak ada salahnya mencoba produk pemutih gigi yang sekarang banyak dijual di pasaran. Namun, akan lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter demi kesehatan gigi Anda.

  • Menyikat lidah

Membersihkan lidah dengan sikat atau penggaruk lidah menghilangkan penumpukan bakteri, sisa-sisa makanan, jamur, dan sel-sel mati dari permukaan lidah. Bakteri dan jamur yang tumbuh di lidah berhubungan dengan masalah mulut yang umum terjadi. Selain itu, bakteri pembusuk menghasilkan senyawa belerang di bagian belakang lidah yang menyebabkan bau mulut.

author
No Response

Leave a reply "5 Tips Merawat dan Membersihkan Kesehatan Gigi"