7 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

No comment 230 views

Memasuki masa kehamilan di trimester terakhir banyak moms yang khawatir pada proses persalinannya nanti. Persalinan normal sangat diidam-idamkan semua wanita. Bagi moms yang ingin mendapatkan persalinan normal bisa mealukakan jalan kaki. Jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Berikuk 7 manfaat jalan kaki yang harus moms ketahui.

 

  1. Kondisi tubuh lebih fit

Dengan berjalan kaki membuat kondisi tubuh moms lebih fit, berenergi dan mengurangi pegal. Untuk ibu hamil lakukan jalan pagi selama 20 menit di bawah sinar matahari pagi. Dengan manfaat agar tubuh ibu fit sehingga ketika melakuan kegiatan seberat apapun akan terasa ringan karena tubuh tidak cepat lelah.

 

  1. Memperkuat otot panggul

Otot-otot perlu disiapkan sebelum persalinan agar kuat menjalaninya. Dengan jalan kaki rutin setiap pagi otot panggul akan menjadi kuat. Jika otot panggul kuat maka bisa mempercepat mendorong bayi keluar saat proses persalinan tanpa menimbulkan rasa nyeri yang berkepanjangan.

 

  1. Memperbaiki kualitas tidur

Jalan pagi secara teratur dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Dengan kondisi ini menghindarkan bunda dari susah tidur, bunda akan lebih merasa rileks sehingga dapat tidur dengan pulas. Gerakan selama jalan kaki akan memperbaiki kualitas tidur moms pada masa kehamilan.

 

  1. Terhindar dari stres

Jalan pagi akan membuat urat dan pembuluh darah didekitar kepala sampai leher longgar sehingga ketegangan otot berkurang. Jalan pagi juga memberikan efek psikologis, yaitu moms dapat merasa tenang dan mampu berkonsentrasi untuk menjalankan aktifitas sehari-hari.

 

  1. Menjaga berat badan

Membiasakan hidup sehat dengan melakukan jalan pagi secara rutin membantu menjaga kenaikan berat badan secara normal pada masa kehamilan. Kegiatan yang berhubungan dengan jalan kaki merupakan latihan fisik ringan yang sangat bermanfat untuk menjaga kenaikan berat badan yang normal.

 

  1. Mengurangi resiko kehamilan bermasalah

Melakukan jalan kaki setiap pagi dapat mencegah kehamilan yang bermasalah seperti beberapa diantaranya pre-aklamsia dan diabetes. Kegiatan ini juga mencegah cacatnya bayi ketika masih berda di dalam kandungan.

 

  1. Menyehatkan paru-paru dan jantung

Jalan kaki setiap pagi akan menormalkan denyut jantung yang mencegah terjadinya lemah jantung dan terjadinya serangan jantung. Hal ini membuat paru-paru menjadi lebih sehat dan kuat sehingga moms terhindar dari sesak nafas, dada nyeri dan terhindar dari dada yang terasa berat seperti tertindih.

 

Itulah 7 manfaat jalan kaki yang mempunyai banyak manfaat dan mampu menjaga kesehatan kandungan moms. Semoga artikel ini membantu moms untuk menjaga kandungan ya.

author
No Response

Leave a reply "7 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil"