Alasan Ibu Hamil Dilarang Keras Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Alasan Ibu Hamil Dilarang Keras Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi – Dalam keadaan apapun wanita ingin selalu tampil cantik, tidak terkecuali saat hamil. Salah satu penunjang penampilan wanita agar terlihat lebih percaya diri yaitu menggunakan sepatu hak tinggi atau hight heels. Menggunakan sepatu hak tinggi seperti sudah menjadi keperluan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan wanita sehari – harinya.

Namun Anda harus sadar karena ibu hamil sangat beresiko jika menggunakan sepatu dengan hak yang terlalu tinggi. Dengan semakin membesarnya perut Anda, tubuh menjadi lebih tidak seimbang saat menggunakan sepatu hak tinggi sehingga memungkinkan Anda akan terjatuh ataupun terpeleset. Hal tersebut akan membahayakan kandungan dan benturan yang sangat keras bisa berakibat keguguran.

Tidak berhenti sampai disitu, bahaya menggunakan sepatu hak tinggi untuk ibu hamil diantaranya sebagai berikut. Baca juga : 6 Langkah Memilih Sepatu untuk Ibu Hamil

Bahaya sepatu hak tinggi untuk ibu hamil

1. Varises
Gangguan kesehatan yang dapat muncul karena ibu hamil menggunakan sepatu hak tinggi yaitu varises. Varises disebabkan karena otot paha dan betis yang menegang sehingga kaki Anda akan merasa cepat lelah. Selain itu varises akan membuat kaki tidak tampak cantik lagi dengan munculnya otot otot yang mengerikan.

2. Nyeri syaraf scaticia
Menggunakan sepatu hak tinggi saat hamil juga akan memicu nyeri syaraf scaticia yaitu nyeri yang biasanya terjadi pada bagian punggung bawah sampai telapak kaki, tumit, betis dan paha. Rasa nyeri ini akan membuat ibu hamil tidak nyaman.

3. Kaki bengkak
Alasan lain yang membuat ibu hamil tidak diperbolehkan menggunakan sepatu hak tinggi karena akan menyebabkan pembengkakan pada bagian kaki sebab adanya penumpukan beban tubuh pada satu titik saja yaitu depan kaki.

4. Sakit punggung
Jika ibu hamil sering menggunakan sepatu hak tinggi akan muncul gangguan pada punggung karena adanya kelebihan beban pada kaki sehingga mendorong bagian sumsum tulang belakang.

5. Tumor jinak
Pada dasarnya saat menggunakan sepatu hak tinggi, kaki akan dipaksa untuk menyesuaikan bentuk sepatu tersebut. Dengan menggunakan sepatu yang haknya terlalu tinggi akan menyebabkan penebalan jaringan saraf pada jari kaki sehingga memicu timbulnya tumor jinak.

Agar ancaman berbahaya tersebut tidak terjadi pada Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
– Bila tetap ingin merasakan betapa menyenangkannya memakai sepatu berhak tinggi, pakailah sepatu tersebut dalam acara-acara tertentu, seperti pesta atau acara formal tertentu.

– Untuk menjaga keseimbangan ketika berjalan, sebaiknya wanita yang tengah hamil memakai sepatu dengan alas yang lebar.

– Tinggi hak sepatu yang sebaiknya dikenakan oleh wanita hamil adalah sekitar 2 cm hingga 4 cm saja. APMA menyatakan bahwa sepatu dengan hak yang mencapai 5 cm dan diatasnya tidak baik untuk dikenakan oleh wanita hamil.

– Menginjak kehamilan minggu ke-25, hentikan pemakaian sepatu berhak tinggi. Pakailah sepatu flat atau sepatu dengan hak rendah. Sekarang ini tidak sulit menemukan sepatu flat dan sepatu berhak rendah yang tak kalah cantiknya dengan sapatu berhak tinggi

Setelah Anda mengetahui bahaya yang ditimbulkan oleh penggunaan sepatu hak tinggi, lebih baik Anda harus berfikir dua kali saat  akan menggunkan hak tinggi ketika hamil.

author
No Response

Leave a reply "Alasan Ibu Hamil Dilarang Keras Menggunakan Sepatu Hak Tinggi"