Antisipasi Tanda-Tanda Diabetes Gestasional Pada Ibu Hamil

Tanda-Tanda Diabetes

Saat Anda hamil Anda dituntut untuk memberikan perhatian lebih banyak terhadap gaya hidup yang Anda jalani hingga pola konsumsi makanan sehingga tidak hanya bayi Anda dapat berkembang dengan baik tetapi juga menjamin agar Anda tetap sehat. Akan tetapi, bagaimana jika mendadak Anda didiagnosis terkena diabetes gestasional. Dan yang lebih penting lagi, apa sajakah tanda-tanda diabetes gestasional pada ibu hamil?

Sebelum membahas tanda-tanda diabetes gestasional pada ibu hamil, ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu bagaimana diabetes gestasional bisa terjadi. Diabetes gestasional merupakan salah satu cabang dari penyakit diabetes yang timbul saat Anda menginjak usia kehamilan di atas 6 bulan. Fenomena meningkatnya gula darah selama kehamilan tersebut adalah hal yang wajar dan pada umumnya setelah Anda melahirkan, kadar gula darah Anda akan kembali normal. Namun tetap saja Anda membutuhkan langkah-langkah medis yang diperlukan agar dampak dari diabetes gestasional dapat ditanggulangi sehingga tidak membahayakan janin.  Baca juga: Bunda, Yuk Simak Perkembangan Janin Usia 8 Minggu

Tanda-tanda dari diabetes gestasional antara lain Anda mengalami penurunan daya penglihatan dimana pandangan Anda menjadi kabur dan tidak jelas. Anda juga mudah merasa lelah. Saat Anda terluka, maka luka tersebut tidak segera mengering dan menutup melainkan berubah menjadi infeksi. Anda juga menjadi lebih sering pergi ke kamar kecil untuk buang air kecil. Ibu hamil juga akan sering terserang penyakit mual dan muntah sehingga mengakibatkan penurunan berat badan terlepas dari nafsu makan yang justru mengalami peningkatan.

Apabila tidak dimonitor dan ditanggulangi dengan baik, diabetes gestasional dapat mengakibatkan bayi terlahir dengan berat badan yang berlebihan (obesitas pada bayi), bayi menderita penyakit jantung bawaan, serta bukan tidak mungkin jika bayi juga menderita cacat otot rangka. Bayi yang terlahir dari ibu yang menderita diabetes pada umumnya akan memiliki kadar insulin yang sangat tinggi di dalam darah.

Tingginya kadar hormon insulin tersebut dapat menyebabkan gangguan pada produksi zat subfaktan pada paru-paru janin sehingga menyebabkan paru-paru janin tidak dapat berkembang dengan sempurna. Dampak jangka panjangnya adalah bayi akan mengalami gangguan pernapasan sepanjang hidupnya.

Sedangkan untuk solusi mencegah diabetes gestasional menjadi lebih parah adalah dengan menjaga pola hidup serta pola makan Anda. Anda perlu menghindari konsumsi karbohidrat dan sebaliknya lebih memperbanyak asupan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Hindari juga makanan-makanan proses dengan gula pengawet. Perbanyak konsumsi sayuran segar dan buah-buahan.

Semoga artikel tanda-tanda diabetes gestasional pada ibu hamil di atas dapat membantu Anda dalam menjaga masa kehamilan Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Antisipasi Tanda-Tanda Diabetes Gestasional Pada Ibu Hamil"