Apa Itu Galaktosemia Pada Bayi? Ini Jawabannya

No comment 735 views

Galaktosemia Pada Bayi

Apa itu Galaktosemia pada bayi? Mungkin bagi beberapa dari Anda, istilah “Galaktosemia” adalah istilah yang masih asing di telinga. Memang, dibandingkan dengan penyakit bayi yang lain, Galaktosemia merupakan jenis penyakit yang cukup langka, yaitu menimpa 1 dari 70.000 bayi yang dilahirkan. Akan tetapi, walaupun bayi Anda memiliki resiko yang kecil untuk terjangkit penyakit ini, Galaktosemia bukanlah penyakit kelainan yang bisa dianggap remeh.

Pasalnya, apabila tidak segera ditangani semenjak dini, Galaktosemia dapat mengakibatkan berbagai macam komplikasi yang fatal pada bayi Anda. Bahkan tidak jarang bayi penderita Galaktosemia akan kehilangan nyawanya. Jadi, untuk antisipasi yuk mengenal lebih dekat apa itu Galaktosemia pada bayi?

Galaktosemia pada bayi disebabkan oleh tidak cukupnya produksi enzim GALT (galactose-1-phosphate-uridyl tranferase) di dalam tubuh bayi. Enzim GALT merupakan enzim yang berfungsi untuk memecah zat karbohidrat atau laktosa dan mengkonversikannya menjadi energi untuk tubuh. Khususnya pada laktosa, GALT akan memecah zat tersebut menjadi dua bagian, yaitu glukosa yang akan diubah menjadi energi, dan galaktosa, atau glukosa cadangan yang akan diubah oleh tubuh menjadi glukosa saat tubuh memerlukan energi tambahan.

Minimnya kadar enzim GALT pada bayi penderita galaktosemia mengakibatkan tubuh tidak dapat memecah laktosa yang masuk ke dalam tubuhnya. Sebagai akibatnya, zat galaktosa tersebut pun akan mengendap di dalam darah dan mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan pada bayi.

Bayi yang terkena galaktosemia pada umumnya menunjukkan gejala sering muntah, berat badan yang sukar naik, lemah dan lesu, bayi enggan menyusui dan mudah rewel. Apabila tidak segera diberikan pertolongan medis oleh dokter anak, bayi yang menderita galaktosemia dapat menunjukkan gejala susulan seperti kejang-kejang, infeksi dan pendarahan yang serius, yang dapat mengakibatkan kematian.

Dan kalaupun bayi berhasil bertahan hidup hingga mencapai usia anak-anak, anak akan mengalami katarak dini, pembesaran organ hati dan limpa yang dapat berujung pada gagal jantung, anak mengalami kesulitan belajar dan bicara, pelemahan syaraf. Dan bahkan, jika anak Anda adalah seorang perempuan, ia dapat terserang Premature Ovarian Failure, yaitu kelainan rahim yang mengakibatkan mandul.

Galaktosemia merupakan kelainan yang seringkali disebabkan oleh kelainan genetik. Namun bukan berarti penderita galaktosemia kehilangan harapan untuk hidup. Bayi penyandang galaktosemia harus dihindarkan dari berbagai macam makanan yang mengandung laktosa, seperti susu dan produk turunannya, serta buah dan sayuran. Anda juga dilarang untuk memberikan ASI, karena di dalam ASI juga mengandung laktosa. Untuk pengganti susu, Anda dapat memberikan susu bebas laktosa dan susu kedelai. Bayi Anda juga wajib mengkonsumsi suplemen kalsium dan diikutkan monitoring kesehatan seumur hidupnya.

Sudahkah pertanyaan Anda mengenai apa itu galaktosemia pada bayi terjawab?

author
No Response

Leave a reply "Apa Itu Galaktosemia Pada Bayi? Ini Jawabannya"