Apa Itu Parkinson, Dan Bagaimana Dampaknya?

No comment 1008 views

penyakit parkinson – Hai Bunda, pernahkah Anda mendengar penyakit parkinson? Penyakit ini adalah penyakit yang menyerang otak bagian tengah atau dikenal dalam istilah medis sebagai degenerasi sel saraf. Gejala yang paling bisa terlihat pada penderita parkinson adalah tremor atau getaran, namun pada tahap awal sangat susah untuk diketahui, gejala penyakit parkinson pada tahap awal adalah :

  • Sebagian tubuh merasa lemah dan kaku
  • Bagian tangan suka gemetar atau bergerak dengan sendirinya

Dalam tahap yang lebih berat gejalanya yang akan timbul adalah:

  • Getaran akan lebih banyak di bagian tubuh yang lain
  • Otot tubuh terasa kaku dan kelenturan tubuh atau fleksibilitas tubuh semaki turun
  • Tubuh bergerak menjadi lebih lambat
  • Keseimbangan dan koordinasi tubuh menjadi menurun

Dampak yang tejadi pada penderita parkinson bisa menyebabkan selain gangguan fisik namun juga gangguan psikologis seperti depresi, konstipasi, insomnia, kehilangan indera penciuman, dan mengalami masalah dalam mengingat sesuatu.

Nah tentu saja penyakit ini tentu saja mengganggu dan membuat menjadi bagai orang cacat yang terbatas dalam melakukan aktivitas, dan terdapat 6,3 juta jiwa yang terkena penyakit parkinson di dunia ini. Penderita akan mengalami kesulitan dalam bergerak dan melakukan aktivitas sehari-hari bahkan yang mudah sekalipun seperti mengancing baju, menulis, membuka pintu dan lain sebagainya.

Dampak lainnya adalah penderita parkinson akan sulit untuk berjalan, dan tidak ada korrdinasi yang baik dengan tangan yang mengayun seperti pada penjelasan sebelumnya mengenai ketidaksinambungan anggota tubuh satu dengan yang lainnya karena saraf yang terganggu. Bahkan ketika sudah mulai berjalan maka penderita akan sulit untuk berhenti dan berbalik, malah langkahnya menjadi semakin cepat dan membuat mereka harus berlari kecil supaya tidak jatuh.

Posisi tubuh penderita cenderung bungkuk dan karena tidak seimbang maka bisa cenderung jatuh ke depan atau ke belakang. Kemudian wajah penderita menjadi tidak berekspresi karena otot untuk membentuk emosi wajah menjadi kaku, karena tidak adanya ekspresi maka penderita parkinson sering dianggap mengalami depresi, walaupun tidak semua penderita parkinson memang mengalami depresi.

Pandangan mata penderita parkinson menjadi kosong dan mulut terbuka sehingga penderita parkinson sering mengeluarkan air liur dan tersedak karena kinerja otot wajah dan tenggorokan bermasalah. Dalam hal berbicara penderita akan mengalami kesulitan dan sangat lamban dan cenderung gagap karena tidak ada kordinasi yang baik antara otak aau pikrian dengan mulut yang berbicara.

Maka dari itu hati-hatilah terhadap penyakit parkinson ini dan selalu menjalani hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat agar terhindar dari segala jenis penyakit. Semoga bermanfaat ya Bunda!

Baca Juga di bawah ini:

Bahaya Penyakit Alzheimer & Cara Pencegahannya

Inilah Pencegahan & Pengobatan Alami Yang Ampuh Untuk Hepatitis!

Simak di Sini Info Lengkap Seputar Penyakit Hepatitis! Waspadalah!

author
No Response

Leave a reply "Apa Itu Parkinson, Dan Bagaimana Dampaknya?"