Apa Saja Ya Kandungan Nutrisi Ikan Laut Untuk Kesehatan

Apa Saja Ya Kandungan Nutrisi Ikan Laut Untuk Kesehatan

Indonesia adalah negara maritim, bahkan nenek moyang dari rakyat Indonesia dikenal sebagai sosok-sosok pelaut yang pemberani dalam mengarungi lautan luas. Lautan Indonesia pun tidak diragukan lagi keindahannya. Tidak hanya dihuni oleh terumbu karang, samudra-samudra di Indonesia pun menjadi habitat berbagai macam ikan yang menjadi sumber makanan bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia. Ikan-ikan tersebut selain memiliki rasa gurih yang lezat tetapi juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apa sajakah kandungan nutrisi ikan laut untuk kesehatan?

  • Asam Lemak

Salah satu kandungan nutrisi ikan laut untuk kesehatan yang paling terkenal adalah kandungan asam lemak. Salah satu komponen asam lemak yang terdapat di dalam ikan laut adalah antara lain lemak omega 3 yang sangat baik untuk membantu merawat jaringan-jaringan otak dan membantu meningkatkan daya ingat.

Bagi ibu yang tengah mengandung, kandungan asam lemak omega 3 ini juga berfungsi untuk membantu pembentukan sel-sel otak pada janin dan mencegah resiko kelahiran janin dalam keadaan cacat. Omega 3 dalam ikan laut juga berfungsi untuk membantu Anda mengontrol kadar kolesterol jahat di dalam darah dan menggantinya dengan kolesterol baik yang membantu kelancaran metabolisme tubuh.   Baca juga: Hm, Harum! Inilah Tips Memilih Aroma Terapi Untuk Ibu Hamil

  • Protein

Satu lagi kandungan nutrisi di dalam ikan laut yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh adalah kandungan protein. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, amat sangat disarankan untuk meningkatkan konsumsi ikan laut. Hal tersebut dikarenakan serat-serat protein pada ikan termasuk lebih pendek dan sederhana dibandingkan jenis daging lainnya sehingga membuatnya lebih mudah dicerna.

Selain itu kandungan protein taurine di dalam ikan laut ditengarai sebagai salah satu faktor pendukung pertumbuhan sel-sel otak pada bayi. Protein dari ikan laut juga membantu proses pembentukan organ-organ pencernaan pada janin sehingga dengan asupan protein ikan laut yang cukup dapat menjamin bayi Anda lahir dengan organ-organ pencernaan yang lengkap dan berfungsi dengan baik.

  • Vitamin

Ikan laut juga sarat akan kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin B kompleks. Vitamin A pada ikan laut memiliki fungsi untuk merawat sel-sel dan jaringan serta membantu menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan mata. Vitamin D pada ikan laut juga sangat dibutuhkan oleh pembentukan tulang pada janin serta perawatan sel-sel tulang pada orang dewasa. Dengan asupan vitamin D yang cukup dapat membantu bayi memiliki tulang yang kuat, dan mencegah osteoporosis bagi Anda yang berusia dewasa.

Demikianlah beberapa manfaat kandungan nutrisi ikan laut untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Apa Saja Ya Kandungan Nutrisi Ikan Laut Untuk Kesehatan"