AWAS! Berikut Penyebab dan Risiko Diabetes Gestasional!

KatalogIbu – Kehamilan adalah moment yang indah bagi para wanita. Namun, setiap wanita hamil memiliki kondisi fisik yang berbeda – beda. Seperti yang diketahui, selama masa kehamilan wanita akan mengalami perubahan hormon yang dapat mempengaruhi gula darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, untuk ibu hamil harus berhati – hati dalam mengkonsumsi makanan, bisa saja itu merupakan penyebab dan risiko diabetes gestasional. Karena kalau tidak, wanita hamil sangat rentan terkena diabetes ini.

Apa sih itu diabetes gestasional? Yups, diabetes tersebut merupakan salah satu dari tipe diabetes militus. Dimana wanita yang tak pernah kena diabetes sebelumnya, namun kadar glukosa darah yang tinggi selama kehamilan. Tapi, khusus diabetes ini sangat rentan terkena terhadap ibu hamil terutama pada usia 28 minggu atau trimester ketiga.

Eits, tapi apa yang menyebabkannya? Berikut adalah beberapa penyebab dan faktor yang memicu munculnya diabetes ini.

  • Insulin yang tidak bekerja dengan baik

Karena pada wanita yang sedang hamil, plasenta memproduksi hormon yang dapat membuat insulin lebih sulit bekerja.

  • Riwayat diabetes gestasional

Jika moms mengalami ini pada kehamilan sebelumnya, sebaiknya Anda lebih berhati – hati untuk kehamilan selanjutnya. Hal itu karena, riwayat tersebut sangat memiliki risiko yang besar pada kehamilan berikutnya.

  • Indeks Massa Tubuh

Untuk penyebab yang satu ini bagi ibu hamil harus mengontol dengan baik berat badan Anda. Karena, jika indeks massa tubuh anda >30 selama kehamilan, maka pada level ini dapat berisiko mengalami diabetes ini.

  • Bayi yang lahir sebelumnya mengalami makrosomia

Makrosomia? Makrosomia merupakan kondisi di mana bayi terlahir dengan berat badan lebih dari 4,5 kg atau bahkan lebih. Jadi, sebaiknya Anda lebih memperhatikan akan perkembangan janin dan tentunnya makanan yang Anda konsumsi.

Lantas, dari penyebab di atas apa bahaya atau resiko yang dapat terjadi pada ibu dan anak? Pertama rendahnya mineral dan kadar gula pada bayi ketika dilahirkan. Kemudian, gangguan pernafasan sementara atau sakit kuning juga akan terjadi.

Selain itu, untuk ibu hamil yang menderita diabetes tipe ini dapat beresiko keguguran, bayi terlahir prematur, hingga mengalami preeklamsia. Dan setelah proses kelahiran, Anda akan memiliki risiko lebih tinggi obesitas dan diabetes tipe 2.

Jadi, mulai mengontrol pola makan Anda lebih baik lagi supaya tidak membahayakan kesehatan janin dan diri Anda sendiri dikemudian hari. Moms, sekarang sudah tahukan penyebab dan risiko diabetes gestasional? Untuk itu, daripada menambah porsi makan lebih baik memperbanyak nutrisi ya, Moms!

author
No Response

Leave a reply "AWAS! Berikut Penyebab dan Risiko Diabetes Gestasional!"