Waspadai Anak Terhadap Penyakit Malaria! Kenali Gejalanya Di Sini!

gejala malaria

penyakit malaria – Bagi Anda para ibu yang memiliki anak kecil baik itu dalam kategori bayi, balita, dan anak-anak, anda perlu mengetahui penyakit berbahaya yang satu ini karena penyakit ini telah dikonfirmasi paling banyak menyerang anak-anak. Penyakit ini adalah Malaria, bagi anda yang belum mengetahui secara mendetail tentang penyakit satu ini, mari simak informasinya di sini. Malaria adalah penyakit yang disebabkan dan ditularkan oleh nyamuk berjenis Anopheles.

Penularannya terjadi melalui infeksi pada darah, jadi saat menggigit, nyamuk ini akan menginfeksikan parasit plasmodium ke dalam darah. Tahukah Anda bahwa malaria pada anak menurut WHO, badan PBB yang menangani masalah kesehatan, mencatat bahwa setiap 30 detik malaria membunuh kurang lebih 1,2 juta orang dan yang lebih mengenaskan, 90% dari kematian itu dialamai oleh anak-anak.

Oleh karena itu Anda para ibu harus mewaspadai malaria pada anak, jangan sampai anak Anda terinfeksi malaria, apalagi sampai merenggut nyawa. Kenali juga ciri-ciri dan gejala malaria pada bayi, jika anda ibu yang baru memiliki momongan sehingga anda dapat mewaspadai sebelum malaria itu menyerang lebih parah. Nah kini kami akan memberikan informasi lengkap tentang penyakit malaria pada anak mulai dari penyebab, gejala, hingga apa yang terjadi jika terinfeksi malaria.

Gejala Malaria

Gejala yang akan timbul jika terinfeksi malaria dibagi menjadi 2 yaitu stadium ringan dan stadium berat. Jika yang dialami masih gejala yang ringan maka gejala yang timbul adalah gejala yang biasanya terjadi pada orang yang terkena flu seperti:

  1. Demam tinggi mencapai 40 derajat celcius disertai dengan muka memerah, muntah-muntah, sakit kepala yang luar biasa. Gejala ini berlangsung hingga 2-4 jam.
  2. Menggigil, penderita akan mengalami dingin yang luar biasa disertai dengan denyut nadi yang cepat, bibir dan jari berwarna kebiru-biruan.
  3. Sering berkeringat sampai-sampai penderita akan merasa haus yang luar biasa.

Jika infeksinya sudah sangat parah maka gejala inilah yang akan timbul pada penderita:

  1. Mengalami kejang-kejang
  2. Sering mengigau saat tidur
  3. Suhu tubuh meningkat lebih tinggi
  4. Sesak nafas
  5. Pada akhirnya penderita akan tidak sadarkan diri atau mengalami koma.

Itulah gejala yang timbul ketika penyakit malaria pada anak sedang menyerang, sangat berbahaya bukan, untuk itu Anda sebagai seorang ibu harus selalu peka akan apa yang terjadi pada anak Anda, cepat tanggap akan setiap gejala-gejala penyakit yang bisa jadi menyerang buah hati kesayangan Anda.

Kondisi bayi yang terkena malaria

Kondisi bayi yang terkena malaria

Nah sebenarnya apa yang menyebabkan penyakit malaria ini bisa menyerang dan apa penyebabnya? Lalu pengobatan malaria seperti apa yang tepat jika sudah terkena infeksinya? Jika anda ingin mengetahuinya silahkan baca link di bawah ini!

author
No Response

Leave a reply "Waspadai Anak Terhadap Penyakit Malaria! Kenali Gejalanya Di Sini!"