Awas Kanker Serviks, Penyebab Kematian Wanita Terbanyak! Deteksi Sejak Dini!

Kanker serviks – Bunda ada satu penyakit yang wajib diwaspadai oleh kaum wanita, karena penyakit ini sudah banyak menyerang wanita di seluruh dunia. Penyakit ini adalah kanker serviks, kanker serviks atau kanker rahim adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim berperan sebagai pintu masuk menuju rahim melalui vagina. Penyakit kanker serviks pada umumnya cenderung menyerang wanita yang masih aktif seksual dengan rentang usia 30-45 tahun. Sehingga sangat jarang ditemukan kanker serviks dialami oleh wanita berusia 25 tahun.

Untuk mengetahui apakah seseorang terkena penyakit ini tentu saja dilihat dari gejala nya. Gejala kanker serviks yang paling sering dikenali adalah terjadinya pendarahan pada organ kewanitaan sesudah berhubungan seks, di luar periode menstruasi atau setelah menopause. Namun gejala kanker serviks yang berupa pendarahan ini bukan secara mutlak sebagai tanda terkena kanker serviks. Berdasarkan data WHO, jumlah penderita kanker serviks terdapat 490.000 perempuan di seluruh dunia pada setiap tahunnya.

Fakta yang lebih mengejutkan lagi ternyata 80 % dari jumlah tersebut terjadi pada negara-negara yang berstatus negara berkembang, yang salah satunya ialah Indonesia. Angka ini menunjukkan bahwa sekitar 600-750 wanita meninggal akibat terkena kanker serviks. Hal ini terjadi karena terlambatnya penanganan secara medis. Penyebab kanker serviks adalah virus HPV (human papillomavirus). HPV adalah jenis virus yang menimbulkan kutil di tangan, kaki, dan kelamin. Tentu saja penularannya terjadi melalui hubungan seksual dan menjadi penyebab kanker serviks yang paling tinggi.

HPV akan merusak sel-sel yang ada pada leher rahim dan akhirnya fungsi tersebut menjadi tidak normal dan terjadilah kanker. Jenis virus HPV yang paling berbahaya adalah HPV 16 dan HPV 18. Jadi kedua virus inilah yang menjadi penyebab dari 70 % kasus wanita yang terkena kanker serviks. Untuk mencegah kanker serviks Anda wajib melakukan vaksinasi. Vaksin untuk virus HPV sudah tersedia yaitu vaksin bivalen untuk HPV 16  & 18 dan vaksin kuadrivalen untuk HPV 6, 11, 16, dan 18. Hal penting lainnya untuk mencegah kanker serviks ini adalah dengan melakukan Screening.

Screening adalah upaya mendeteksi perubahan yang terjadi pada sel-sel mulut rahim, sel yang berubah tidak normal ini bisa berkembang menjadi kanker. Sehingga jika dideteksi sejak dini maka pengobatannya akan menjadi lebih efektif, dan menurunkan resiko penyakit kanker serviks. Langkah ini disebut Pap smear, ini adalah langkah pendeteksian oleh medis untuk melihat potensi sel yang abnormal menjadi sel kanker yang berbahaya.

Demikianlah Bunda informasi dari kami mengenai kanker serviks, untuk mencegah penyakit ini terjadi pada Anda maka lakukanlah pemeriksaan ke dokter ahli agar bisa dideteksi dan dilakukan vaksinasi dan pengobatan yang efektif dan tepat waktu. Sayangilah diri Anda dan lindungi diri Anda dari kanker serviks.

Baca Juga :

Ketahui Sejak Dini Gejala Kanker Pada Anak

Cegah Kanker Dengan Mengonsumsi Makanan Berikut Ini!

Stop! Cegah Kanker Mulut pada Anak dengan 5 Cara ini

author
No Response

Leave a reply "Awas Kanker Serviks, Penyebab Kematian Wanita Terbanyak! Deteksi Sejak Dini!"