Awas, Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Anemia!

penyakit anemia – Darah adalah unsur tubuh yang sangat penting karena darah memiliki fungsi yang krusial, darah berfungsi untuk mengantarkan sari-sari makanan ke seluruh tubuh, atau bahasa sederhana nya adalah darah mengantarkan nutrisi yang kita dapat dari makanan untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Fungsi darah yang ke dua adalah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, bahkan darah juga berperan untuk membunuh kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Namun ada penyakit yang menyerang darah dan harus diwaspadai salah satunya adalah yang akan kami ulas berikut ini yaitu penyakit anemia. Apa itu penyakit anemia? Penyakit ini adalah kondisi di aman jumlah sel darah merah atau hemoglobin. Hemoglobin lah bagian dari darah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Nah jika kekurangan hemoglobin berarti tubuh akan menjadi kekurangan oksigen, apa gejala anemia yang nampak?

  • Mudah merasa lelah karena aktivitas fisik
  • Nafas tersengal-sengal
  • Pusing
  • Tidak ada nafsu makan
  • Wajah menjadi pucat
  • Sistem imunitas menurun
  • Rambut rontok

Tentu saja penyakit ini ada sebabnya nah apa penyebab dari penyakit ini? Simak di bawah ini penyebab anemia :

Kurang Zat Besi

Ini adalah penyebab utama dari penyakit anemia, zat besi adalah penghasil sel darah merah, karena itu kekurangan dari zat besi menjadi faktor penyebab utama dari anemia. Jadi Anda wajib mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi sangat penting agar sel darah merah bisa dihasilkan dengan jumlah yang normal.

Pendarahan

Jika terjadi pendarahan karena luka atau akibat cidera maupun menstruasi otomatis jumlah sel darah merah juga akan berkurang. Biasanya pendarahan terjadi juga kerika ibu sedang dalam proses melahirkan, sehingga darah yang keluar juga membawa zat besi yang banyak keluar juga. Intinya segala hal yang berkaitan dengan keluarnya jumlah darah yang banyak dari tubuh bisa menyebkan anemia.

Melakukan diet yang terlalu ketat

Karena melakukan diet yang terlalu ketat, seseorang juga bisa terkena anemia, karena bisa jadi dengan kurang mengonsumsi beberapa makanan tertentu yang pastinya mengandung zat besi, sehingga tubuh menjadi kekurangan zat besi dan sel darah merah menjadi berkurang jumlahnya.

Tubuh Menghancurkan Sel Darah Merah Lebih Cepat

Sel darah merah diproduksi dalam siklus 120 hari, namun ia bisa diproduksi atau dihancurkan lebih cepat dari waktu tersebut. Anemia bisa muncul karena hal ini, disebut hemolysis anemia. Sistem kekebalan tubuh salah mengenali sel darah merah sebagai substansi asing dan menghancurkannya. Bila sel darah merah dihancurkan lebih cepat daripada kemampuan sumsum tulang memproduksinya, maka anemia akan terjadi. Ia juga bisa disebabkan sebagai efek dari penyakit lain.

Itulah penyebab dan gejala dari penyakit anemia, penyakit ini berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jika sudah sangat parah, oleh karena itu selalu waspada akan potensi yang bisa menyebabkan hilangnya jumlah darah yang keluar atau kurang mengonsumsi zat besi yang menyebabkan berkurangnya produksi sel darah merah.

Baca juga :

Bahaya Tekanan Darah Tinggi & Cara Menghentikannya Secara Alami!
Kenali Virus Zika Yang Menyerupai Virus Demam Berdarah
Yuk, Kenali Karakter Anak Melalui Golongan Darahnya!

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Awas, Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Anemia!"