Kenali Penyakit Lupus, Berbahaya & Belum Ditemukan Obatnya!

 

Penyakit lupus – Dunia ini sudah penuh dengan berbagai macam penyakit-penyakit berbahaya sehingga banyak sekali kematian yang terjadi setiap harinya. Terkadang sebagai manusia yang awam akan dunia kedokteran, kita tidak dapat mengenali penyakit yang tidak familiar di telinga kita. Seperti penyakit yang akan kami bahas kali ini yaitu penyakit lupus. Mungkin Anda tidak pernah mendengar penyakit ini sebelumnya, atau pernah mendengar tapi tidak mengerti secara lengkap mengenai penyakit ini.

Kali ini kami agejala penyakit lupuskan memberikan informasi seputar penyakit ini mulai dari penyebab penyakit lupus, gejala lupus, serta cara pencegahan penyakit lupus. Jadi sebenarnya apakah penyakit lupus itu? Penyakit lupus disebabkan oleh peradangan kronis karena sistem kekebalan tubuh yang tidak normal, sehingga sistem kekebalan tersebut malah menyerang jaringan dan sel-sel organ tubuh itu sendiri. Peradangan tersebut pada umumnya menyerang tubuh bagian kulit, sendi, sel darah, paru-paru, dan jantung.

Ada satu pertanyaan yang mungkin timbul di benak Anda apakah penyakit lupus menular? Jadi penyakit lupus itu tidak menular, meskipun begitu penyakit ini bisa mengancam jiwa. Gejala dari penyakit ini agak sulit untuk dikenali karena mirip dengan gejala penyakit lain seperti penyakit kulit. Pada umumnya gejala yang tampak adalah ruam pada kulit, kelelahan, pembengkakan pada sendi. Jenis-jenis penyakit lupus terbagi menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Cutaneus Lupus

Penyakit lupus jenis ini biasanya hanya menyerang bagian kulit. Tanda-tanda dari penyakit lupus ini biasanya dengan cara melihat ruam yang muncul pada leher, kulit kepala dan juga pada seluruh tubuh. Bisa juga pada salah satu bagian tubuh muncul warna merah bersisik, bahkan sampai juga menyebabkan gatal-gatal.

  1. Sistemik Lupus

Penyakit Lupus jenis ini biasanya akan menyerang bagian organ tubuh misalnya bagian sendi, otak dan saraf, darah, pembuluh darah paru-paru, ginjal, jantung, hati, dan organ mata. Ini adalah level keparahan yang lebih tinggi dari cutaneus lupus karena sudah menyerang organ-organ yang sangat vital.

  1. Drug Induced Lupus

Kalau jenis yang satu ini disebabkan karena penggunaan obat-obatan tertentu, sehingga kandungan obat yang dikonsumsi mengubah sistem kekebalan tubuh menjadi menyerang tubuh itu sendiri.

Sebenarnya sampai saat ini penyebab penyakit lupus tidak bisa dipastikan secara akurat sehingga untuk merumuskan tindakan pencegahan yang akurat pun juga sulit dilakukan, namun kemungkinan penyakit ini dipengaruhi faktorgenetik, faktor hormonal, dan faktor lingkungan. Sampai detik ini penyakit lupus ini tidak ditemukan obatnya, karena yang menyerang adalah sistem kekebalan tubuh itu sendiri. Jadi kita hanya bisa waspada akan segala hal di lingkungan kita agar tidak terkena penyakit ini. Dalam mengonsumsi obat pun berhati-hatilah karena dapat memicu gangguan sistem kekebalan tubuh.

Demikianlah informasi dari kami mengenai penyakit lupus, semoga bermanfaat bagi Anda dalam mewaspadai penyakit-penyakit berbahaya di dunia ini.

Lihat Juga!

Inilah Beberapa Jenis Penyakit Kulit Yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar

Talasemia, Penyakit Keturunan Yang Sangat Menyiksa!

Penyebab & Gejala Penyakit Tumor, Waspadalah!

author
No Response

Leave a reply "Kenali Penyakit Lupus, Berbahaya & Belum Ditemukan Obatnya!"