Bahaya Hati Ayam untuk Bayi dan Ibu Hamil! Perhatikan ini!

Bahaya Hati Ayam untuk Bayi dan Ibu Hamil! Perhatikan ini!

Hati ayam – Siapa yang tidak kenal dengan hati ayam? Ya, jeroan dari ayam ini merupakan makanan favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia. Dengan berbagai cara hati ayam ini dapat di olah mulai dari di goreng hingga menjadi campuran pada bubur. Banyak yang bilang bahwa hati ayam memiliki banyak kandungan gizi sehingga sering menjadi menu makanan pendamping ASI untuk bayi.

Namun ada juga yang bilang jika hati ayam ini sangat berbahaya untuk bayi termasuk ibu hamil yang mengonsumsinya. Bagaimana kenbenarannya? Berikut ulasannya untuk Anda.

Di dalam hati ayam mengandung Vitamin A, D, E, B12, folic acid, dan zat besi. Beragam nutrisi dalam hati ayam tersebut memang diperlukan oleh tubuh mananusia. Di dalam 100 gram hati ayam mengandung kurang lebih 50% zat besi yang diperlukan oleh tubuh dalam sehari. Hal inilah yang mengakibatkan hati ayam menjadi bahan favorit untuk campuran bubur bayi. Karena bayi memanglah memerlukan banyak zat besi untuk menunjang pertumbuhannya. Bahkan bayi usia 9 bulan memerlukan zat besi lebih banyak dari seseorang pria dewasa.

Disamping itu di dalam 100 gram hati ayam dapat memenuhi 40% kebutuhan protein dalam sehari. Selain itu kandungan nutrisi lain, seperti vitamin A serta 4 jenis vitamin B, banyak terdapat dalam hati ayam tersebut. Ada yang mengatakan juga bahwa hati ayam  berperan penting dalam perkembangan fungsi otak bayi.

Namun disamping kaya akan nutrisi Anda juga perlu memperhatikan hal lainnya. Hati merupakan tempat penyaringan toksin atau racun, walaupun sebenarnya racun yang telah disaring tidak disimpan di dalam hati tersebut tapi Anda perlu waspada karena dengan mengonsumsi yang berlebihan juga akan membahayakan bayi dan ibu hamil.

Kenapa demikan? Di dalam hati ayam mengandung salah satu jenis vitamin C yaitu retinol. Retinol yang terdapat dalam hati ayam banyak sekali. Terlalu banyak retinol justru akan membahayakan tubuh bayi dan janin di dalam kandungan ibu hamil. Sumber vitamin A yang lebih cocok untuk bayi dan ibu hamil yaitu betakaroten. Anda bisa mendapatkan betakaroten vitamin A dari sayur wortel dan brokoli.

Dengan banyak mengonsumsi sayuran ini sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mata bayi. Jadi jika ingin mendapatkan manfaat dari vitamin A, Anda dapat memasukan sayuran tersebut kedalam menu makanan bayi. Sebenarnya mengonsumsi hati ayam tidaklah masalah  jika tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Baca juga : Nutrisi Pada Balita – MPASI Pelengkap Nutrisi Pada Balita

author
No Response

Leave a reply "Bahaya Hati Ayam untuk Bayi dan Ibu Hamil! Perhatikan ini!"