Bahaya Penyakit Alzheimer & Cara Pencegahannya

No comment 1800 views

penyakit alzheimer – Kali ini kami akan mengulas suatu penyakit yang berbahaya, tidak berbahaya mengancam nyawa tapi merusak sistem saraf dan otak sehingga fungsi otak tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Penyakit ini adalah penyakit alzheimer, penyakit alzheimer adalah penyakit jenis demensia dan biasanya ditandai dengan gejala seperti sering lupa, mengalami gangguan dalam menalar, berpikir hingga kemampuan linguistik.

Contoh kasus dampak penyakit alzheimer adalah misalnya orang tersebut lupa apa yang baru diperbincangkan, atau dia lupa baru saja di pergi ke mana, atau dia lupa harus berbuat apa. Pada tahap yang lebih parah akan terjadi disorientasi perilaku, misalnya menjadi lebih agresif, lebih sensitif, suka menuntut, mudah curiga. Tahap yang paling parah adalah orang tersebut sering mengalami halusinasi, sulit berbicara dan berbahasa, dan juga tidak bisa melakukan banyak aktivitas tanpa ditolong orang lain.

Itulah dampak berbahaya dari penyakit alzheimer ini yaitu menyerang saraf hingga menyebabkan disorientasi perilaku. Sesungguhnya penyebab penyakit alzheimer belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan karena adanya peningkatan produksi protein dan secara lebih rinci adalah protein beta-amyloid di dalam otak dan itulah yang membunuh sel saraf. Beberapa faktor yang meningkatkan resiko terkena penyakit alzheimer adalah :

  1. Usia lanjut (rata-rata di atas 65 tahun)
  2. Cidera pada kepala
  3. Keturunan/genetik
  4. Gaya hidup

Fakta yang perlu Bunda ketahui juga adalah bahwa penyakit alzheimer diderita lebih banyak oleh wanita daripada kaum pria, dan yang perlu diwaspadai juga adalah tidak selalu orang yang berusia di atas 65 tahun saja yang bisa terkena penyakit Alzheimer ini namun 5 % dari total seluruh penderita alzheimer diderita oleh orang-orang yang berusia 45-60 tahun.

Untuk itu gaya hidup sehat mau tidak mau Anda harus jalankan agar terhindar dari resiko penyakit ini, tentu saja dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, arti sehat dan seimbang adalah kita tidak boleh hanya mengonsumsi satu jenis makanan sehat saja, karena itu juga salah, jadi kita harus mengonsumsi nutrisi yang lain untuk menyeimbangkan gizi di dalam tubuh kita.

Selain itu Anda wajib berolahraga, karena dengan berolahraga berarti kita menghargai hidup yang dikaruniai oleh Tuhan dan juga memperkuat tubuh dan kekebalan tubuh. Selain itu hindarilah mengonsumsi minuman beralkohol dan kebiasaan merokok.

Secara umum, langkah-langkah pencegahan penyakit Alzheimer bisa dirangkum ke dalam 6 poin berikut :

  1. Olahraga yang rutin
  2. Pola makan yang sehat
  3. Rajin melakukan aktivitas olah otak
  4. Tidur yang nyenyak dan berkualitas
  5. Manajemen stress yang baik
  6. Kehidupan sosial yang baik dan aktif

Dengan melakukan 6 aktivitas di atas, tak hanya mencegah Alzheimer tapi juga meningkatkan kondisi tubuh secara keseluruhan. Untuk mencegah penyakit alzheimer Anda juga harus melakukan pemeriksaan ke dokter, agar bisa diketahui sejak dini bila ada potensi atau gejala-gejala yang seperti sudah dijelaskan di atas, sehingga akan ada penanganan yang cepat dari dokter untuk mencegah penyakit ini berkembang.

Demikianlah Bunda informasi dari kami mengenai penyakit alzheimer, semoga bermanfaat dan menjadi panduan Anda untuk menjalani hidup yang lebih sehat dan bermanfaat.

Yuk kunjungi artikel kami lainnya dengan meng klik link-link di bawah ini!

Manfaat Luar Biasa Biji Mahoni Untuk Kesehatan!

Jenis Makanan Sehat Untuk Membersihkan & Menyehatkan Paru-Paru

Tips Awet Muda : Pengaruh Kondisi Pikiran Terhadap Tubuh & Penuaan Dini

author
No Response

Leave a reply "Bahaya Penyakit Alzheimer & Cara Pencegahannya"