Bayi Sehat Usia 0-6 Bulan Butuh Zat Gizi Ini

zat gizi

Halo Ibu, bagaimana kabar bayi sehat hari ini? Tentunya kesehatan si Kecil menjadi prioritas utama yang diupayakan melalui pemberian makanan yang bernutrisi tinggi dan dapat membantunya untuk tumbuh dengan baik.

Pemenuhan gizi bayi sehat setiap hari akan memelihara kesehatannya dan memberikan kekebalan tubuh yang baik pula. Ibu perlu tahu, si Kecil yang saat ini berusia 0-6 bulan membutuhkan beberapa zat gizi seperti berikut ini:

  • Protein

Terpenuhinya protein membantu pembentukan berbagai struktur organ, terutama tulang dan otot. Sel-sel saraf otak juga akan berkembang dengan baik dengan asupan protein yang cukup. Kebutuhan harian protein pada bayi sehat sebesar 20 gram.

Sumber protein yang baik banyak terdapat pada susu, keju, yogurt, daging, telur, tempe, tahu, dan kacang-kacangan. Penuhi kebutuhan hariannya agar pertumbuhan si Kecil tersayang berjalan dengan optimal.

  • Lemak

Kebutuhan lemak esensial (omega 3 dan omega 6) serta non esensial (omega 9, EPA, DHA, AA) menunjang proses tumbuh kembang sel-sel saraf otak sehingga kecerdasan bayi sehat berjalan maksimal.

Sumber lemak yang baik terdapat pada jenis minyak sayur (minyak jagung, minyak wijen, dan minyak bunga matahari), santan, mentega, atau margarin.

  • Vitamin A

Vitamin A sangat dibutuhkan si kecil untuk menjaga kesehatan mata, memelihara kelembutan kulit, dan mengoptimalkan pertumbuhan. Vitamin ini juga membantu mengoptimalkan kelancaran proses metabolisme tubuh bayi sehat.

Sumber vitamin A banyak terdapat pada wortel, tomat, jeruk, pepaya, semangka, alpukat, melon, bayam, brokoli, jagung, dan jamur.

  • Vitamin C

Vitamin C sangat bermanfaat untuk pembentukan kolagen, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu menyerap kalsium yang baik. Vitamin C banyak terdapat pada jeruk, tomat, melon, beri, dan brokoli.

  • Yodium

Yodium sangat berperan dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak agar tidak mengalami hambatan. Selain itu, vitamin D berperan tinggi untuk proses kelancaran metabolisme tubuh.

Sumber yodium yang baik banyak dikandung makanan laut, seperti ikan, kerang, cumi-cumi, telur, susu, daging, dan rumput laut. Berikan makanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan yodium bayi sehat di rumah.

Nah, itulah beberapa zat gizi yang dibutuhkan bayi sehat usia 0-6 bulan untuk menunjang pertumbuhannya. Konsultasikan dengan ahli gizi agar Ibu bisa mendapatkan menu makanan yang dapat membantu memenuhi nutrisi harian bayi sehat. Kalau si Kecil sehat, ia pasti akan lebih ceria dalam beraktivitas!

author
No Response

Leave a reply "Bayi Sehat Usia 0-6 Bulan Butuh Zat Gizi Ini"