Betulkah Ibu Hamil Yang Malas Sulit Melahirkan?

Betulkah Ibu Hamil Yang Malas Sulit MelahirkanMoms, bagi Anda yang baru saja mendapatkan kabar gembira bahwa Anda tengah mengandung anak yang telah lama Anda nanti-nantikan kehadirannya. Beberapa minggu kedepan Anda akan merasakan perubahan-perubahan kondisi fisik yang cukup signifikan, seperti morning sickness, serta rasa kelelahan yang amat sangat. Anda menjadi mudah merasa lelah dan Anda tidak memiliki pilihan lain selain menghabiskan banyak waktu tidur. Anda pun akan sering mendengar bahwa Anda tidak diperbolehkan untuk bermalas-malasan karena hal tersebut dapat berefek pada saat Anda melahirkan di bulan ke-9 nanti. Akan tetapi betulkah ibu hamil yang malas sulit melahirkan?

Sebelum menjawab pertanyaan “betulkah ibu hamil yang malas sulit melahirkan?”, ada satu hal yang harus Anda ingat bahwa perasaan lelah yang Anda alami adalah sesuatu yang normal. Terutama di awal-awal masa kehamilan dimana tubuh Anda tengah mempersiapkan diri untuk menyambut kehadiran embrio, calon anak Anda di dalam rahim Anda. Produksi hormon seperti estrogen dan progesteron juga turut berpengaruh. Perasaan lemas dan mudah lelah tersebut sudah tentu membuat Anda menjadi enggan untuk bergerak terlalu banyak.

Akan tetapi walaupun kondisi yang Anda alami sepenuhnya dapat dimaklumi, bukan berarti Anda mendapatkan freepass untuk tidur dan menonton acara televisi sepanjang hari tanpa melakukan aktivitas apapun. Karena apabila kebiasaan bermalas-malasan tersebut terus berlanjut hingga masa persalinan tiba maka besar kemungkinan Anda akan mengalami masa persalinan yang lama dan sulit.  Baca juga: Apa Saja Ya Kandungan Nutrisi Ikan Laut Untuk Kesehatan

Hal tersebut terjadi akibat lemahnya kontraksi otot perut dalam mendorong bayi keluar dari rahim. Ketika Anda menjalani proses persalinan otot-otot perut Anda akan menegang dan berkontraksi untuk mendorong bayi Anda  keluar dari saluran rahim hingga pada akhirnya ia terlahir ke dunia dengan selamat. Oleh karena itu Anda perlu memastikan otot perut Anda berada dalam kondisi prima dan mampu menjawab tantangan besar tersebut.

Salah satu cara untuk menguatkan otot perut adalah dengan olahraga. Tentu saja Anda perlu berhati-hati dalam memilih jenis olahraga, jangan sampai olahraga yang Anda lakukan terlampau berat sehingga justru membuat kondisi stamina Anda drop. Olahraga-olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit, berenang, serta yoga tidak hanya berfungsi untuk menguatkan otot perut tetapi juga memberikan efek relaksasi sehingga dapat membantu mencegah depresi selama masa melahirkan maupun baby blues setelah Anda melahirkan.

Jadi, betulkah ibu hamil yang malas sulit melahirkan? Jawabannya adalah bisa jadi, walaupun hal tersebut sepenuhnya bergantung pada kondisi kehamilan masing-masing ibu. Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat bagi Anda.

author
No Response

Leave a reply "Betulkah Ibu Hamil Yang Malas Sulit Melahirkan?"