Bolehkah Ibu Hamil Makan Mayonnaise? Ini Jawabannya

Ibu Hamil Makan Mayonnaise

Moms, pastinya tidak ada satupun dari Anda yang tidak menyukai mayonnaise. Mayonnaise memang menjadi teman sempurna untuk menyantap hidangan salad, sebagai cocolan kentang goreng atau menjadi saus pelengkap hamburger dan hotdog. Mayonnaise tidak akan menimbulkan masalah kesehatan bagi Anda (tentu saja dengan porsi yang moderate). Akan tetapi ketika Anda mulai menginjak masa hamil, Anda pun mulai diserang perasaan waswas ketika Anda akan menikmati salad favorit Anda dengan mayonnaise. Bolehkah ibu hamil makan mayonnaise?

Untuk menjawab pertanyaan “bolehkah ibu hamil makan mayonnaise”, maka pertama-tama Anda perlu mengetahui bahan utama dari saus dengan rasa gurih ini. Umumnya, mayonnaise terbagi menjadi dua berdasarkan bahan utamanya. Satu jenis mayonnaise berbahankan dasar telur mentah, sedangkan jenis mayonnaise yang lain terbuat bahan telur yang sudah dipasteurisasi. Dan pertanyaannya, manakah dari 2  jenis mayonnaise ini yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil?

Walaupun konsumsi mayonnaise harus tetap diperhatikan porsinya, mayonnaise yang terbuat dari telur yang sudah dipasteurisasi lebih aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Alasannya, bahan telur yang digunakan telah diproses sedemikian rupa hingga resiko ibu terkena bakteri Salmonella (yang pada umumnya terdapat di dalam telur mentah) dapat diminimalisir.  Baca juga: Moms, Yuk Ketahui Ciri dan Gejala Disleksia Pada Anak

Seringkali ibu hamil salah kaprah dan menganggap bahwa mayonnaise produk pabrik sangatlah tidak sehat sehingga lebih memilih untuk membuat homemade mayonnaise. Wah, padahal justru homemade mayonnaise-lah yang berbahaya bagi kehamilan Anda karena telur yang digunakan adalah telur ayam mentah dan tidak dipasteurisasi, sehingga besar kemungkinan mayonnaise tersebut terkontaminasi oleh bakteri Salmonella. Dan untuk langkah antisipasi, sebaiknya Anda juga menghindari produk mayonnaise yang dijual di restoran atau di foodcourt, karena Anda tidak dapat mengetahui secara pasti apakah produk mayonnaise tersebut terbuat dari telur yang sudah dipasteurisasi atau tidak.

Akan tetapi, sekali lagi Anda perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi mayonnaise, bahkan jika mayonnaise tersebut terbuat dari pasteurized eggs. Hal tersebut dikarenakan mayonnaise memiliki kadar lemak yang cukup tinggi sehingga jika Anda tidak berhati-hati, bukan tidak mungkin jika berat badan Anda melonjak tinggi, dimana tidak hanya Anda terancam terkena obesitas tetapi juga Anda berisiko terkena serangan hipertensi.

Selain itu, ketika tubuh ibu hamil memiliki kandungan lemak yang berlebihan maka kandungan lemak berlebih tersebut akan mengakibatkan tidak optimalnya sistem kekebalan tubuh bayi. Bayi Anda pun akan terlahir dengan kadar insulin yang cukup tinggi sehingga mudah terkena obesitas.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan mayonnaise? Jawabannya adalah boleh, asalkan Anda dapat memperhitungkan dengan tepat kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

author
No Response

Leave a reply "Bolehkah Ibu Hamil Makan Mayonnaise? Ini Jawabannya"