Bolehkah Ibu Hamil Mandi Sauna?

No comment 195 views

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Sauna?Sauna, atau pemandian air panas adalah sebuah tempat yang sangat sempurna bagi Anda untuk sesaat melepaskan penat dengan berendam di bak berisi air panas. Hangatnya air yang meresap di kulit serta merta melemaskan otot-otot tubuh Anda dan menghilangkan pegal-pegal, selain itu uap sauna juga membantu tubuh Anda mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sauna memang memiliki banyak sekali manfaat, akan tetapi bolehkah ibu hamil mandi sauna?

Mungkin bisa jadi beberapa orang menganggap pertanyaan “bolehkah ibu hamil mandi sauna?” adalah pertanyaan yang sedikit konyol. Apalagi mengingat bahwa gejala-gejala di masa-masa awal kehamilan seperti rasa lelah sudah pasti dapat diobati dengan menghabiskan beberapa menit di pemandian air panas. Bukankah hal tersebut juga sangat sering dilakukan oleh perempuan-perempuan lain yang tidak hamil?  Baca juga: Moms, Ini Tips Memilih Tempat Bersalin

Sayangnya, tidak semua hal yang baik untuk perempuan yang tidak hamil akan memiliki manfaat yang sama pada perempuan yang tengah mengandung. Berendam air panas dapat membuat suhu tubuh Anda meningkat dengan drastis dan dapat mengakibatkan Anda terserang hipertermia. Hal tersebut diperparah dengan kondisi fisik Bunda yang jauh lebih rentan terkena dehidrasi dan penurunan tekanan darah.

Suhu tubuh normal pada manusia adalah sekitar 53 derajat. Suhu tubuh tersebut dapat melonjak naik hingga melebihi 102 derajat celsius ketika Anda berendam di pemandian air panas. Dan terutama jika Anda sedang berada di minggu-minggu pertama kehamilan. Pada masa itu, janin Anda sedang mengalami perkembangan jaringan-jaringan otak dan organ-organ tubuh.

Intervensi dari luar berupa peningkatan suhu tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada proses perkembangan bayi Anda. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa ketika bayi terekspos dengan suhu tinggi maka akan memperbesar kemungkinan janin akan menderita cacat tulang belakang yang dinamakan dengan spina bifida.Bayi yang menderita spina bifida tidak memiliki susunan tulang belakang yang sempurna, dimana tulang belakang tersebut tidak menutup dengan sempurna.

Itulah mengapa kebanyakan dokter kandungan tidak akan merekomendasikan Anda untuk mandi sauna. Namun apabila Anda masih ingin berendam untuk menghilangkan rasa pegal-pegal yang Anda derita selama masa kehamilan, maka Anda dapat berendam dengan menggunakan air hangat. Hal tersebut tentunya lebih aman daripada mandi sauna karena tubuh Anda bagian atas tidak akan terendam air sehingga meminimalisir terjadinya hipertermia. Selain itu, untuk efek relaksasi Anda juga dapat menyalakan lilin aromaterapi.

Jadi, bolehkah ibu hamil mandi sauna? Jawabannya sudah pasti tidak, karena hal tersebut dapat membahayakan kondisi janin. Semoga artikel ini membantu, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bolehkah Ibu Hamil Mandi Sauna?"