Bunda, Awas! Inilah Tanda Bahaya Pada Kehamilan

Tanda Bahaya Pada Kehamilan

Menjalani masa kehamilan yang sehat dan mencapai masa persalinan yang sehat tentu menjadi impian bagi seluruh ibu hamil. Memang, kebanyakan masa kehamilan akan berlangsung lancar, dan masa persalinan pun berakhir dengan tanpa hambatan. Akan tetapi pada kasus kehamilan tertentu, terjadi komplikasi kehamilan yang mengakibatkan kehamilan menjadi bermasalah, hingga tidak jarang ibu hamil akan melahirkan bayi prematur atau keguguran.  Hal-hal tersebut seandainya diketahui sejak awal sebenarnya dapat diatasi, Moms. Terlebih lagi pada umumnya komplikasi kehamilan tersebut akan menunjukkan beberapa gejala awal yang seringkali terabaikan. Maka dari itu, untuk berjaga-jaga saja yuk simak tanda bahaya pada kehamilan berikut ini.

  • Pendarahan

Pendarahan ringan berupa munculnya flek-flek darah merupakan hal yang lumrah terjadi di masa-masa awal kehamilan, dan hal tersebut bukanlah hal yang harus dikhawatirkan. Akan tetapi, apabila Anda mengalami pendarahan yang ditandai dengan keluarnya darah dalam jumlah yang cukup banyak, maka bisa jadi hal tersebut merupakan tanda bahaya pada kehamilan. Gejala pendarahan pada umumnya merupakan pertanda dari terjadinya kelahiran ektopik (kelahiran di luar rahim), plasenta previa, tanda dari kelahiran bayi prematur atau bisa juga merupakan tanda bahwa Anda terkena keguguran.

  • Mual Berat dan Muntah-Muntah

Sekali lagi, gejala muntah dan mual dalam taraf tertentu merupakan gejala yang wajar terjadi terutama di masa awal kehamilan. Akan tetapi, apabila gejala muntah tersebut terlampau parah hingga mengakibatkan Anda dehidrasi, maka bisa jadi hal tersebut merupakan tanda awal dari terjadinya preeklampsia, atau infeksi ginjal.

  • Demam

Selama hamil, sistem kekebalan tubuh Anda akan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Sehingga apabila Anda tidak mengkonsumsi makanan yang meningkatkan sistem antibodi, bukan tidak mungkin jika Anda akan terserang penyakit atau bahkan infeksi. Salah satu gejala awal dari infeksi adalah demam. Segera hubungi dokter kandungan jika Anda mengalami demam yang berlangsung selama lebih dari 36 jam, atau suhu tubuh berada di atas 37,5 – 39 derajat Celsius. Suhu tubuh yang sedemikian tinggi dapat membahayakan nyawa bayi Anda, terutama karena bayi Anda belum dapat meregulasi suhu tubuhnya sendiri.

  • Keluarnya Cairan dari Vagina

Salah satu indikasi dari kelahiran prematur adalah keluarnya cairan dari vagina saat usia kehamilan Anda masih menginjak usia 37 minggu. Apabila sebelumnya disertai dengan gejala kontraksi yang kuat, maka bisa jadi cairan tersebut adalah cairan ketuban yang pecah. Dan dengan pecahnya air ketuban maka bayi Anda wajib untuk dilahirkan secepat mungkin.

Demikianlah beberapa tanda bahaya pada kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah kewaspadaan Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Awas! Inilah Tanda Bahaya Pada Kehamilan"