Bunda, Hati-Hati! Ini Cara Merawat Kulit Bayi!

Cara Merawat Kulit Bayi

Bayi adalah manusia kecil yang belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang lengkap. Setelah berada di dalam rahim Anda selama 9 bulan ia lagi-lagi harus menjalani masa adaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Daya imunnya yang masih rendah tersebut membuatnya sangat rawan terkena berbagai macam jenis penyakit. Tidak hanya itu, ia juga memiliki kulit yang sangat sensitif yang sangat mudah terkena iritasi sehingga memerlukan perawatan kulit yang seksama. Seperti apakah cara merawat kulit bayi yang benar?

Salah satu cara merawat kulit bayi adalah dengan tidak terlalu sering memandikannya. Pada dasarnya tubuh bayi berusia sebulan atau lebih tidak akan kotor dengan mudah sehingga rutinitas mandi yang terlalu sering dapat dibilang sedikit berlebihan.  Baca juga: Betulkah Ibu Hamil Yang Malas Sulit Melahirkan?

Terlalu sering memandikan bayi dapat berakibat pada hilangnya minyak sebum, yaitu minyak tubuh yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Kulit bayi yang terlalu sering dimandikan akan menjadi kering dan mudah terkena iritasi. Frekuensi memandikan bayi yang aman adalah sebanyak tiga kali dalam sehari maksimal.

Kulit bayi yang sensitif sangat rawan terkena ruam-ruam merah dan gatal yang otomatis akan membuat bayi Anda rewel dan terus menangis gelisah. Ruam-ruam tersebut pada umumnya muncul di area pantat yang disebabkan oleh popok yang kotor sehingga mengakibatkan area pantat menjadi terlampau lembap atau karena bayi memiliki alergi terhadap detergen yang Anda gunakan untuk mencuci pakaian maupun perlengkapan tidur bayi.

Untuk mencegah timbulnya ruam pada pantat dan paha bayi Anda perlu memperhatikan kebersihan popok dengan mengganti popok bayi dengan rutin segera setelah popok terasa berat dan penuh. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan komposisi dari deterjen yang Anda gunakan.

Deterjen yang aman dan memiliki resiko yang lebih kecil dalam menimbulkan alergi pada bayi adalah jenis deterjen yang diracik khusus untuk bayi. Deterjen ini pada umumnya memiliki komposisi bahan kimia yang lebih ringan dibandingkan produk deterjen lainnya. Hindari juga deterjen yang mengandung bahan pewangi buatan dan pewarna karena kedua bahan kimia tersebut dapat memicu alergi gatal-gatal pada bayi.

Cara merawat kulit bayi yang terakhir adalah menjaga kelembapan kulit bayi dengan membalurkan body lotion khusus bayi pada sekujur tubuh bayi Anda. Body lotion tersebut bertujuan untuk membantu mengunci kelembapan kulit bayi sehingga kulit bayi tidak kering, dan mencegah bayi terkena gatal-gatal.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Hati-Hati! Ini Cara Merawat Kulit Bayi!"