Bunda, Inilah Jenis Bintik Merah Pada Bayi

No comment 444 views

Bunda, Inilah Jenis Bintik Merah Pada BayiTimbulnya ruam, atau bintik merah pada bayi sebenarnya merupakan hal yang sangat umum terjadi. Bayi merupakan manusia kecil yang memiliki daya tahan tubuh yang masih sangat rentan. Kulit bayi pun bukanlah sebuah pengecualian. Kulit bayi sangatlah sensitif dan sedikit saja muncul ketidakcocokan dengan jenis makanan maupun produk perawatan kulit maka ia akan menunjukkan reaksi alergi, salah satunya adalah bintik-bintik merah tersebut. Bintik merah juga bisa timbul akibat infeksi virus maupun bakteri yang hinggap di kulit bayi. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui apa saja jenis-jenis bintik merah yang umum muncul pada bayi.

  • Eksim

Eksim merupakan salah satu jenis bintik merah pada bayi yang paling umum ditemukan. Beberapa gejala dari eksim yaitu antara lain timbulnya ruam-ruam merah dan gatal pada daerah lipatan-lipatan kulit, seperti di belakang lutut, lipatan siku, lipatan leher, dan daerah di sekitar mata dan telinga.

Penyebab eksim pun cukup beragam, walaupun kebanyakan terjadi sebagai reaksi alergi pada bayi. Untungnya, eksim tidak menimbulkan dampak yang fatal walaupun bayi akan mengalami ketidaknyamanan. Eksim pada umumnya akan menghilang dengan sendirinya, namun jika Anda masih merasa cemas maka sangat disarankan untuk mengunjungi dokter anak untuk mendapatkan solusi obat.  Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Cumi-Cumi?

  • Ruam popok

Jenis bintik merah yang umum terjadi pada bayi yang lain adalah ruam popok. Seperti namanya, ruam popok merupakan iritasi dalam bentuk bintik-bintik merah yang timbul pada bagian pantat bayi, dan diakibatkan oleh jarangnya penggantian popok bayi. Untuk mengatasinya, sudah tentu Anda wajib mengganti popok bayi secara rutin sekaligus mengaplikasikan salep ruam popok pada pantat bayi sebelum Anda memakaikan popok.

  • Meningitis

Dari kesemua jenis ruam merah pada bayi, hampir semuanya akan sembuh dengan sendirinya dan Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Walaupun demikian, ada satu jenis bintik-bintik merah pada bayi yang cukup berbahaya yaitu bintik merah yang disebabkan oleh meningitis. Meningitis adalah infeksi bakteri atau virus yang menyerang lapisan syaraf tulang belakang bayi.

Gejala-gejala awal dari meningitis antara lain bayi tidak terlalu responsif atau kaku, rewel, menolak untuk digendong, muntah-muntah, kehilangan nafsu makan, serta timbulnya ruam-ruam kemerahan atau keungguan yang tidak memudar bila ditekan dengan gelas kaca. Apabila bayi Anda mengalami beberapa gejala di atas, maka Anda wajib bergegas untuk memeriksakan bayi Anda ke rumah sakit sehingga ia dapat memperoleh pertolongan medis yang dibutuhkannya.

Demikianlah beberapa uraian mengenai jenis bintik merah pada bayi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Inilah Jenis Bintik Merah Pada Bayi"