Bunda, Inilah Makanan Ibu Hamil 9 Bulan

No comment 219 views

Makanan Ibu Hamil 9 Bulan

Bagi seorang ibu hamil, kesehatan janin dan kelancaran persalinan merupakan 2 hal yang sangat penting. Satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan untuk menjamin kedua hal tersebut adalah dengan memiliki gaya hidup sehat, yang terdiri atas mengkonsumsi makanan-makanan sehat serta memantau kondisi kehamilan dengan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan. Bulan-bulan pertama kehamilan adalah saat yang paling krusial karena janin memasuki masa pembentukan dan perkembangan organ-organ vital. Tapi, bukan berarti jika Anda sudah memasuki masa trimester akhir Anda dapat meninggalkan pola makan sehat Anda, Moms. Justru, Anda perlu memperbanyak konsumsi makanan-makanan bernutrisi untuk membantu mendukung perkembangan akhir bayi, sekaligus menjamin proses persalinan yang lancar. Nah, apa saja ya makanan ibu hamil 9 bulan?

  • Telur

Super food ini merupakan salah satu makanan ibu hamil 9 bulan yang dapat Anda konsumsi. Telur kaya akan kandungan zat protein yang bermanfaat untuk membantu menyempurnakan pembentukan otot dan jaringan-jaringan tubuh bayi. Selain itu, telur juga mengandung kolin.

Kolin bermanfaat untuk membantu merawat perkembangan sel-sel tubuh bayi. Apabila bayi menerima asupan kolin yang cukup, ia akan terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan akibat kelainan organ. Kolin juga membantu perkembangan otak bayi sehingga di masa depan, bayi akan memiliki daya ingat yang kuat.

  • Pepaya

Ibu hamil juga sangat disarankna untuk mengkonsumsi buah pepaya, terutama bagi ibu hamil dengan usia kehamilan 9 bulan. Buah pepaya merupakan sumber dari potassium, vitamin C, serat dan asam folat, yang mana kesemuanya merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan baik oleh ibu dan janin. Pepaya juga dapat membantu meredakan heartburn yang akan sering Anda alami di usia kehamilan ini.

Tapi, berhati-hatilah Moms! Pepaya yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah pepaya yang sudah matang sempurna. Pepaya yang masih mentah memiliki zat pepsin, dimana zat ini akan merangsang tubuh untuk memproduksi senyawa yang menimbulkan kontraksi. Dengan adanya kontraksi tersebut, bukan tidak mungkin janin Anda akan terlahir dalam keadaan prematur.

  • Bayam

Pada masa kehamilan di trimester akhir ini, ibu hamil akan berisiko besar terkena anemia. Untuk mencegahnya, Anda perlu memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi, salah satunya adalah bayam. Konsumsi bayam secara rutin dapat membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah, dan menghindarkan Anda dari resiko terkena anemia.

Semoga informasi mengenai makanan ibu hamil 9 bulan ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Inilah Makanan Ibu Hamil 9 Bulan"