Bunda, Inilah Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mengkonsumsi makanan sehat merupakan hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang yang ingin memiliki kualitas hidup yang baik. Terlebih lagi jika saat ini Anda sedang menjalani masa-masa kehamilan atau sedang dalam masa menyusui. Bayi Anda masih akan bergantung 100% kepada asupan makanan yang Anda konsumsi pada usia awal kehidupannya. Dari semua jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui, salah satunya adalah sayuran asparagus. Hmm, kira-kira apa saja ya manfaat asparagus untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Sumber Asam Folat

Sebagai sumber asupan asam folat berkadar tinggi merupakan salah satu dari manfaat asparagus untuk ibu hamil dan menyusui. Bahkan, menurut penelitian asparagus dinilai merupakan jenis sayuran dengan kandungan asam folat tertinggi.  Seperti yang telah Anda ketahui, asam folat merupakan nutrisi makanan yang sangat krusial dan dibutuhkan oleh janin untuk menjamin kelancaran perkembangan organ-organ vital.  Baca juga:  Manfaat Musik Klasik Bagi Janin

Asupan asam folat yang cukup akan membantu organ-organ vital bayi berkembang sempurna sekaligus mencegah kelainan atau cacat bawaan pada bayi, seperti spina bifida, yaitu kelainan syaraf yang disebabkan oleh pembentukan tulang belakang yang tidak sempurna sehingga mengakibatkan syaraf bagian punggung menonjol keluar dan mendesak kulit. Bayi yang menderita spina bifida pada umumnya menderita berbagai macam penyakit syaraf saat mereka besar nanti.

  • Sumber Antioksidan

Asparagus juga berfungsi sebagai antioksidan, yaitu senyawa yang mampu melindungi tubuh ibu hamil dan janin dari ancaman radikal bebas yang dapat mengakibatkan kanker dengan menghentikan sekaligus membunuh pertumbuhan sel-sel kanker. Hal tersebut tentunya menjadi kabar gembira bagi Anda, terutama bagi Anda yang memiliki silsilah keturunan dengan penyakit kanker.

Ditambah lagi dengan keadaan lingkungan yang penuh dengan polusi radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan, membentengi tubuh dengan mengkonsumsi asparagus dan buah-buahan serta sayuran yang mengandung antioksidan merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.

  • Sumber Kalsium

Kalsium tidak hanya bisa Anda dapatkan dari susu atau ikan teri saja, Anda juga dapat memperoleh asupan kalsium yang cukup dengan memasukkan sayuran asparagus ke dalam menu diet Anda. Kalsium adalah zat nutrisi makanan yang berfungsi untuk membantu memperkuat tulang dan gigi ibu hamil, dan di saat yang sama zat kalsium juga berperan besar dalam pembentukan dan penguatan struktur sel-sel tulang serta gigi janin, sehingga janin kelak memiliki tulang dan gigi yang kokoh dan tidak rapuh.

Tidak hanya itu, kalsium di dalam asparagus juga dapat membantu produksi ASI bagi ibu menyusui sehingga produksi ASI pun melimpah dan melancarkan program ASI untuk bayi Anda.

Semoga uraian mengenai manfaat asparagus untuk ibu hamil dan menyusui di atas bermanfaat bagi Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Inilah Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil dan Menyusui"