Bunda, Kenali Cara Atasi Dan Penyebab BAB Berdarah Yuk

Cara Atasi Dan Penyebab BAB BerdarahPermasalahan sembelit, hingga menyebabkan BAB berdarah ternyata bukan hanya dapat dialami oleh orang dewasa juga, tetapi juga anak-anak dan bayi. Terutama jika hal tersebut terjadi pada bayi tentunya menyebabkan kegemparan dan membuat Anda sekeluarga khawatir, hingga seringkali pikiran-pikiran negatif melanda dan membuat panik. Kira-kira bagaimanakah cara atasi dan penyebab BAB berdarah pada bayi?

Cara atasi dan penyebab BAB berdarah pada bayi salah satunya adalah dengan memberikan ASI eksklusif kepada bayi,paling tidak selama 6 bulan. Selama usia tersebut sistem pencernaan bayi masih belum berkembang dengan sempurna, sehingga ia masih tidak mampu untuk mencerna makanan dan minuman lain selain ASI. ASI dapat diserap oleh usus-usus pencernaan bayi dan hal tersebut turut mengambil peran dalam pembentukan feses bayi. Baca juga: 2 Gerakan Senam Hamil di Dalam Air Yang Wajib Dicoba

Pada umumnya, akibat terhalang oleh beberapa hal ibu terpaksa memberikan susu formula kepada bayinya. Pemberian susu formula yang terlalu dini dapat mengacaukan sistem pencernaan bayi. Kandungan kalsium dan fosfor dari susu formula tergolong sangat tinggi sehingga mengakibatkan air pada feses terserap pada dinding usus dan mengakibatkan feses menjadi keras. Feses yang keras dapat menimbulkan luka sehingga mengakibatkan timbulnya bercak-bercak darah pada feses bayi.

Pemberian susu formula pada bayi juga dapat mengakibatkan alergi di dalam tubuh bayi. Sebagai reaksi yang timbul, bisa jadi timbul peradangan pada usus bayi dan memicu terjadinya pendarahan yang mengakibatkan timbulnya bercak-bercak darah pada feses bayi. Oleh karena itu jika Anda benar-benar terpaksa untuk memberikan sufor kepada bayi Anda, maka disarankan untuk benar-benar memperhatikan takaran antara susu bubuk dan air. Jangan sampai susu formula yang Anda buat memiliki tekstur yang terlalu kental atau terlalu cair.

Selain itu, memperhatikan asupan serat bagi bayi yang sudah mulai mengkonsumsi MPASI juga menjadi solusi dalam mencegah BAB berdarah. Makanan berserat tersebut antara lain sayur dan buah-buahan segar. Selain dijadikan campuran puree, sayuran dan buah-buahan juga dapat diolah menjadi jus sayur atau jus buah yang menyegarkan dengan sedikit rasa manis yang disukai oleh anak-anak.

Anda juga dapat memberikan latihan olahraga kecil untuk bayi Anda, yaitu dengan membaringkan bayi dalam keadaan telentang dan menggerakkan kedua kakinya dengan gerakan mengayuh sepeda. Hal tersebut ditujukan untuk membantu pergerakan otot perut dan usus besar bayi sehingga membantu makanan terserap oleh sempurna dan juga untuk menjaga kualitas feses agar tidak menjadi keras.

Demikianlah cara atasi dan penyebab BAB berdarah pada bayi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Kenali Cara Atasi Dan Penyebab BAB Berdarah Yuk"